Ini Persyaratan Mengurus Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja

May 22, 2021 20:04
Ilustrasi Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja yang diterbitkan oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Sabtu (22/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Ilustrasi Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja yang diterbitkan oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Sabtu (22/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES- Para pencari kerja harus memerhatikan beberapa persyaratan untuk mengurus Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja atau AK/I. Untuk di Kota Malang, Kartu AK/I yang dikenal dengan kartu kuning ini dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Erik Setyo Santoso mengatakan bahwa persyaratan administrasi untuk membuat Kartu AK/I sangat mudah sekali. 

"Persyaratannya mudah sekali, cuma pas foto 3x4 2 lembar bebas, hitam putih boleh, berwarna boleh. Kemudian fotokopi KTP, nggak perlu KK. Fotokopi Ijazah sama transkrip nilai untuk arsip kita nanti di kantor," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Lanjut Erik bahwa selain persyaratan administrasi yang bersifat wajib tersebut, juga diharapkan bagi para pencari kerja yang memiliki sertifikasi ahli atau surat pengalaman kerja untuk dapat menyertakan fotokopinya. 

"Kemudian fotokopi sertifikat atau surat pengalaman kerja yang nantinya akan mendukung pekerjaannya dia di perusahaan. Sertifikat pelatihan-pelatihan atau surat keterangan pengalaman kerja," ujarnya. 

Untuk seluruh persyaratan tersebut, Erik mengatakan bahwa para pencari kerja diharapkan membawa berkas yang asli untuk bukti kepada petugas bahwa berkas-berkas yang disertakan tersebut asli dan dapat dipertanggungjawabkan. 

"Nanti itu dia bawa yang asli sama yang fotokopi tadi. Yang asli cuma ditunjukkan saja, nanti yang fotokopinya di arsip di kantor," tuturnya. 

Lebih lanjut Erik mengatakan bahwa untuk pengurusannya selain mudah juga cepat. Karena hanya butuh waktu sekitar 5 sampai 10 menit, Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja atau Kartu AK/I selesai dan dapat dibawa pulang oleh para pencari kerja. 

Selain itu, sebenarnya juga dapat mendaftar dari rumah. Namun, untuk mencetak bukti Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja harus tetap ke kantor Disnaker-PMPTSP Kota Malang. 

"Kalau mendaftar sendiri di rumah itu tetap ngeprintnya harus di dinas. Tapi kalau mereka langsung ke dinas lima menit sama fotokopinya 10 menit langsung selesai. Pulang langsung bawa kartu, databasenya sudah tercatatkan," pungkasnya.

Topik
Berita MalangDisnaker Kota MalangErik Setyo Santosopencari kerjaKartu Kuning

Berita Lainnya

Berita

Terbaru