Kondisi Terkini Gaza Palestina, Tampak Tenang Setelah Genjatan Senjata untuk Akhiri Konflik

May 21, 2021 18:33
Palestina (Foto: wasathiyyah.com)
Palestina (Foto: wasathiyyah.com)

INDONESIATIMES - Jumat (21/5/2021) Israel dan Hamas menyepakati keputusan genjatan senjata untuk mengakhiri konflik. Genjatan senjata itu digelar pada pukul 02.00 waktu setempat atau 06.00 WIB.

Melansir melalui AP News, keputusan ini disepakati ke-2 belah pihak pada Kamis (20/5/2021). Untuk diketahui, kesepakatan ini setidaknya menjadi kabar baik bagi masyarakat sipil 2 negara setelah 11 hari lamanya aksi saling serang berlangsung dan memakan korban jiwa. 

Kondisi Terkini di Gaza Palestina

Setelah keputusan gencatan senjata disetujui, situasi di ke-2 negara terlihat jauh lebih tenang. Tidak ada asap-asap roket yang jatuh dan membumihanguskan apa yang ada di bawahnya. 

Masyarakat pun gembira, setidaknya saat ini tidak ada serangan yang mengancam keselamatan mereka. Seperti yang dilaporan oleh Reuters, masyarakat di jalur Gaza turun ke jalan pada Jumat dini hari untuk merayakan gencatan senjata ini dengan meneriakkan takbir dan rasa syukur kepada Allah SWT.

"Allahu akbar, Alhamdulillah!," seru mereka. 

Mobil-mobil pun memenuhi jalanan di Gaza dan mereka beramai-ramai membunyikan klakson. Ada pula warga yang mengibarkan bendera negara dari jendela rumah. 

Hal ini menjadi 1 titik yang mereka anggap sebagai kemenangan dalam melawan serangan militer Israel yang memiliki kekuatan jauh di atas militer Hamas. Kendati demikian, akibat kekisruhan ini banyak kerusakan bangunan dan infrastruktur dengan mudah ditemui di sudut-sudut kota. 

Hal tersebut semakin memperparah kondisi pembangunan di Palestina, yang selama ini tidak mudah dalam hal perekonomian di bawah tekanan pendudukan Israel.

Apa Sebenarnya Genjatan Senjata itu? 

Dalam bahasa Inggris, gencatan senjata merupakan ceasefire. Ceasefire berasal dari 2 kata yaitu "cease" dan "fire". 

Secara harfiah, "cease" artinya berhenti dan "fire" artinya api. Lalu dalam konteks gencatan senjata, kata "fire" dimaknai sebagai penembakan senjata api. 

Sehingga, ceasefire atau gencatan senjata bisa diartikan sebagai kebijakan di mana pihak yang berkonflik sepakat berhenti menembakkan atau meluncurkan senjata-senjata api. Saat kesepakatan ini diambil,  pihak-pihak yang berkonflik tidak dibenarkan untuk meluncurkan serangan dan harus menghentikan pertempuran yang sebelumnya terjadi.

Namun kadang, kesepakatan untuk gencatan senjata ini hanya berlaku sementara waktu maupun permanen. Jika sementara waktu, kemungkinan bisa saja konflik masih akan kembali terjadi.

Meski menghentikan pertempuran, kebijakan ini belum tentu berarti damai atau berakhirnya peperangan. Gencatan senjata bisa jadi diambil dengan alasan ke-2 belah pihak ingin bernegosiasi kesepakatan keduanya melibatkan pihak ke-3 yang bersifat netral dalam negosiasi tersebut. 

Gencatan senjata juga bisa menjadi taktik atau tipu muslihat 1 pihak untuk melakukan tindakan yang lebih masif di waktu selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Palestinagenjatan senjatagenjatan senjata israel palestinaGaza Palestina

Berita Lainnya

Berita

Terbaru