Pengetatan Pasca-Lebaran, Sumber Sira Jadi Pilihan Wisatawan Lokal

May 21, 2021 14:00
Wisata Sumber Sira yang berada di Putukrejo Kecamatan Gondanglegi. (Foto: Fery/MalangTIMES)
Wisata Sumber Sira yang berada di Putukrejo Kecamatan Gondanglegi. (Foto: Fery/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wisata Sumber Sira yang berada di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang masih menjadi primadona wisatawan lokal untuk mengisi waktu libur lebaran.

Dari pantauan MalangTIMES, pengunjung Sumber Sira hari Jumat (21/5/2021) relatif ramai. Beberapa pengunjung dari kendaraan yang terparkir didominasi kendaraan berpelat Malang.

Salah satu pengelola Sumber Sira, Muhlis mengungkapkan, walaupun selama pandemi dan penyekatan terjadi penurunan jumlah pengunjung tapi tidak membuat wisata Sumber Sira benar-benar sepi.

"Masih relatif ramai mas, karena banyak yang dari pengunjung Malang sini aja," ujarnya ketika ditemui.

Muhlis juga menuturkan sehari sejak Hari Raya Idul Fitri, Wisata Sumber Sira sudah dibuka untuk umum. "Sudah tanggal 15 kemarin buka, ya lumayan pengunjung kalau hari Sabtu atau Minggu bisa sampai 775 orang," ucapnya.

Ketika ditanya adanya penurunan jumlah pengunjung, Muhlis menuturkan jumlah pengunjung turun semenjak pandemi dan penyekatan.

"Pandemi bisa dibilang turun drastis, kalau penyekatan mudik kemarin semakin turun, tapi masih terpantau ada yang ke sini," ungkapnya.

Jumlah pengunjung selama penyekatan mudik lebaran paling rendah ada sekitar 80 pengunjung saja per harinya. Namun saat akhir pekan masih berada di angka 700 hingga 800 pengunjung.

Salah satu penyewa ban bernama Zainudin juga mengiyakan pernyataan Muhlis. Ia mengungkapkan sebelum penyekatan memang lebih banyak pengunjung dari luar Malang.

"Sebelum penyekatan biasanya dari Surabaya (pengunjung, red), kan ini sekarang belum bisa masuk Malang, jadi ya orang-orang Malang saja," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Dampit Fitria memilih Sumber Sira sebagai alternatif wisata untuk mengisi libur lebaran karena dinilai dekat dan murah.

"Ke sini sama orang tua sama anak-anak juga. Ya karena murah, dekat, kan ndak bisa keluar-keluar dulu mas," ungkap wanita berjilbab tersebut.

Hingga saat ini, pengelola Sumber Sira masih akan terus berusaha menaikkan jumlah pengunjung lagi. Namun, menunggu situasi benar-benar kembali normal dan setelah pandemi dapat terkendali.

Topik
Wisata Sumber Siramasa pengetatan pasca lebaranlkpj bupati bondowosowisata kabupaten malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru