700 Orang Ikut Aksi Bela Palestina di Kantor Kedubes AS, 3 Ribu Personel Gabungan Dikerahkan

May 21, 2021 11:49
Ilsutrasi (Foto: BBC)
Ilsutrasi (Foto: BBC)

INDONESIATIMES - Aksi bela Palestina akan digelar hari ini Jumat (21/5/2021) di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS). Diperkirakan massa yang akan ikut aski bela Palestina ini berjumlah 700 orang. 

Mengutip melalui CNN Indonesia, salah satu panitia aksi, Muhammad Iqbal Ramadan mengatakan jika angka perkiraan itu berdasarkan pada orang-orang yang mengkonfirmasi kehadiran. 

"Kalau kita lihat dari komen,  dari update-update orang lain, insight di Instagram yang kita share seruannya bisa 2.000 an sampai 3.000 an (massa aksi)," kata Iqbal.

Iqbal juga mengatkan jika aksi solidaritas ini dinisiasi oleh Blok Politik Pelajar dari beberapa kampus di Indonesia seperti Universitas Al Azhar, Universitas Tarumanegara (Untar), dan Universitas Pertamina. Kendati demikian, kata Iqbal, aksi ini terbuka untuk umum. 

Masyarakat dari berbagai elemen bisa mengikutinya. Dari 700 peserta yang hadir, lanjut Iqbal, terdapat beberapa elemen yang berasal dari kelompok non mahasiswa, seperti STM Boedi Oetomo, STM Kebon Sirih, dan STM Kampung Jawa.

Lebih lanjut, Iqbal menegaskan jika aksi ini adalah aksi kemanusiaan. Pihaknya tak ingin aksi ini dipandang sebagai agenda politik, konflik agama atau perseteruan mazhab (aliran). 

Ia menilai, membela Palestina yang saat ini sedang dijajah adalah bentuk amanat kontitusi.

Terkait aksi ini terdapat 3 ribuan polisi dikerahkan untuk menjaga situasi agar tetap kondusif. Polda Metro Jaya rencananya akan menerjunkan 3.612 personel gabungan untuk pengamanan di depan Kedubes AS. 

"Total 3.162 personel kita siapkan terkait pengamanan demo hari ini yang menyangkut masalah Palestina," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. 

Selain itu, Yusri juga mengatakan jika pihaknya tetap menerjunkan beberap personel di sejumlah titik lainnya. Mulai Istana Negara hingga kantor Perwakilan PBB. 

Topik
Aksi Solidaritaskenangan soehartoPalestinaPolda Metro Jaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru