Searah Kebijakan Pusat, Pemkot Malang Terus Genjot Literasi Digital di Berbagai Sektor

May 20, 2021 12:41
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat mengikuti peluncuran literasi digital dengan Tema “Indonesia Makin Cakap Digital” sekaligus dalam Memperingatu hari kebangkitan nadional (HARKITNAS) Secara Virtual bersama Presiden RI Jowo Widodo, Kamis (20/05/2021).
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat mengikuti peluncuran literasi digital dengan Tema “Indonesia Makin Cakap Digital” sekaligus dalam Memperingatu hari kebangkitan nadional (HARKITNAS) Secara Virtual bersama Presiden RI Jowo Widodo, Kamis (20/05/2021).

MALANGTIMES - Tahun 2021 menjadi momen pengembangan dunia digitalisasi di Indonesia. Terlebih, saat ini hampir semua kegiatan banyak yang memanfaatkan platform digital, termasuk untuk mengenalkan produk-produk daerah agar lebih dikenal luas dunia.

Hal ini menjadi salah satu yang disoroti oleh Presiden RI Joko Widodo dalam peluncuran literasi digital dengan Tema “Indonesia Makin Cakap Digital” sekaligus dalam Memperingatu hari kebangkitan nadional (HARKITNAS) Secara Virtual bersama kepala daerah se-Indonesia, Kamis (20/05/2021).

Apresiasi ditunjukkan kepada lembaga dan komunitas yang mengharapkan masyarakat tanah air lebih cerdas dan selektif dalam memanfaatkan platform-platform digital yang ada.

"Saya apresiasi dan berterima kasih kepada 110 lembaga dan komunitas yang telah berkontribusi terhadap kemajuan dunia digital di Indonesia selama ini," imbuhnya.

Dalam hal ini, Jokowi meminta, setiap daerah untuk terus menggencarkan platform digitalisasi di berbagai sektor. Tentunya, dengan harapan menghasilkan karya-karya yang positif dan bernilai jual.

Sehingga, program tersebut tetap bisa dijalankan seiring dengan kinerja yang konkrit terutama dalam bidang edukasi dan produksi untuk semakin memajukan Indonesia.

"Para kepala daerah hendaknya turut mewujudkan semua itu agar menghasilkan sesuatu yang bernilai guna. Mari gencarkan dunia maya dengan konten-konten positif yang sekaligus untuk menekan hal-hal negatif," jelasnya.

Senada dengan itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus menggenjot pemanfaatan digitalisasi di berbagai sektor. Terutama dalam pelayanan publik, agar lebih efektif dan efisien.

"Kami pun juga terus meningkatkan gerakan literasi digital di berbagai sektor. Sehingga dalam bekerja atau menjalankan aktifitas lainnya akan lebih efektif dan efisien," ungkapnya.

Sebab, di masa saat ini mau tidak mau perkembangan digital harus dioptimalkan agar tak tertinggal lainnya. Sutiaji pun satu pemahaman dengan Presiden Jokowi, jika dalam pemanfaatan digitalisasi memang lebih memudahkan segala aktivitas, namun tetap harus mengedepankan konten-konten positif.

Tak hanya itu, dengan memanfaatkan platform digitalisasi ini, dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian. Salah satunya, pemanfaatan metode pemasaran produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Tak kalah penting, dari kemajuan teknologi informasi ini juga akan turut mengkongkrak pertumbuhan ekonomi. Berbagai usaha kreatif dan UMKM, saat tidak perlu bingung lagi dalam berpromosi. Maka kami akan terus menggenjot literasi digitalisasi ini," pungkasnya.

Topik
DigitalisasiLITERASI DIGITALJokowiWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru