PSSI Segera Mulai Rangkaian Club Licensing Cycle 2021

May 20, 2021 11:35
Foto istimewa
Foto istimewa

INDONESIATIMES- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memulai rangkaian Club Licensing Cycle 2021 setelah menerima Application Form dari ke 18 klub Liga 1 2021. 

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan, sebelumnya PSSI sejak 28 April lalu telah mengirimkan surat terkait rencana pelaksanaan Club Licensing Cycle 2021. Kemudian pada 5 Mei 2021, PSSI telah menerima application form dari seluruh klub Liga 1 2021.

"Kami (PSSI) berterima kasih kepada teman-teman klub Liga 1 yang telah mengembalikan Application Form dengan tepat waktu sebagai syarat sebuah klub mengikuti Club Licensing Cycle 2021," ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Setelah itu, Club Licensing Department akan melaporkan Application Form tersebut ke AFC, untuk AFC setujui dan memberikan akses masuk ke sistem AFC CLAS (Club Licensing Administration System).

"PSSI sendiri telah mendapatkan akreditasi terkait dengan Club Licensing Regulation 2021 dari AFC yang dimana regulasi tersebut akan menjadi acuan pelaksanaan Club Licensing Cycle 2021," ujarnya.

Dalam pelaksanaan Club Licensing Cycle 2021, AFC juga sudah meminta kepada masing masing federasi di Asia termasuk PSSI untuk menerapkan National Club Licensing untuk kompetisi tertinggi di masing masing negara (Indonesia adalah Liga 1).

Terkait hal itu, PSSI masih dalam tahap memperkenalkan National Club Licensing karena dalam prakteknya, National Club Licensing membutuhkan beberapa regulasi pendukung yang baru akan disahkan di dalam Kongres PSSI 29 Mei 2021 mendatang.

"Ke depan, National Club Licensing akan menjadi suatu syarat bagi sebuah klub bertanding di Liga Profesional Indonesia," ujarnya.

“PSSI telah menerima surat dari AFC terkait pelaksanaan National Club Licensing, tetapi kami berupaya untuk melakukan sosialisasi dulu karena harus ada regulasi-regulasi pendukung untuk National Club Licensing itu sendiri. PSSI tidak akan hanya menilai, tetapi sebagai induk organisasi dimana kita ingin maju bersama, maka PSSI melalui Club Licensing Department akan melakukan pendampingan terkait Club Licensing Cycle 2021," imbuhnya.

Topik
PSSIYunus Nusi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru