Perumda Tirta Kanjuruhan Akan Lakukan Penyesuaian Tarif

May 19, 2021 19:15
Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi (foto: Dok JatimTIMES)
Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi (foto: Dok JatimTIMES)

MALANGTIMES - Untuk menjaga ritme keuangan perusahaan agar tetap stabil di masa pandemi covid-19, Perumda Tirta Kanjuruhan berencana melakukan penyesuaian tarif penggunaan air bersih.

Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi mengaku bahwa kebijakan tersebut diambil untuk menjaga perusahaan agar tetap stabil. Selain itu, secara perhitungan juga sesuai dengan Permendagri yang setiap tahun dievaluasi.

“Salah satu outputnya tentang HPP (harga pokok produksi). Perumda ini sudah 8 tahun tidak melakukan penyesuaian tarif. Kalau jauh dari HPP maka akan berdampak pada keuangan kami,” kata Syamsul.

Namun nantinya dalam penyesuaian tarif tersebut, Syamsul mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, nantinya besaran kenaikan yang akan diterapkan tidak terlalu tinggi.

“Secara umum bagi pelanggan domestik atau rumah tangga kami tidak melaksanakan peningkatan yang signifikan. Rata-rata hanya naik sebesar 2 persen,” kata Syamsul.

Alasan tidak meningkatkan terlalu tinggi karena Perumda Tirta Kanjuruhan juga menyadari bahwa saat ini perekonomian sedang tidak stabil. Sehingga pihaknya akan melakukan penyesuaian dengan wajar.

“Mengenai penyesuaian tarif, karena harapannya di masa pandemi ini (agar) tidak memberatkan pelanggan,” ungkapnya.

Meski begitu, Syamsul menegaskan bahwa pihaknya tetap akan memberikan program subsidi penggunaan air bersih kepada golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selain itu, Perumda Tirta Kanjuruhan juga akan memberikan subsidi bagi tempat ibadah yang ada di Kabupaten Malang.

“Ada sekitar 560 tempat ibadah, itu juga telah kami laksanakan subsidi,” tutup Syamsul Hadi.

Topik
Perumda Tirta KanjuruhanPerumda Tirta Kanjuruhan Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru