Bupati Malang HM Sanusi Puji Kinerja Mentan SYL

May 18, 2021 19:59
Beberap petani di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang saat berdiri di depan bantuan dari Mentan SYL (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Beberap petani di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang saat berdiri di depan bantuan dari Mentan SYL (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bupati Malang HM Sanusi memuji gaya kerja Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang melakukan kegiatan nyata di lapangan. Yakni, gerak cepat menyerahkan berbagai bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk petani Kabupaten Malang sebagai tindak lanjut perintah Presiden Jokowi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Saya kepingin Menteri itu kayak gini, yaitu melakukan kegiatan yang nyata. Jadi programnya memang ada faktanya. Dan kerja nyatanya sesuai arahan Bapak Presiden,” kata Sanusi saat penyerahan bantuan alsintan Presiden oleh Mentan SYL kepada petani Kabupaten Malang di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Selasa (18/5/2021).

Dengan hadirnya bantuan ini, Sanusi berharap masyarakat terutama petani dapat menggunakan alsintan untuk meningkatkan produksi pangan. Sebab peningkatkan produkvitas pangan dan nilai tambah harus ditunjang teknologi pertanian modern seperti yang diberikan pemerintah pusat saat ini.

“Oleh karena itu, kami sangat berterimakasih kepada Menteri Pertanian yang telah menghadirkan bapak Presiden Jokowi ke Kabupaten Malang sehingga petani mendapat banyak bantuan. Bahkan dari Istana Kepresidenan membantu mobil pick-up (truk kecil, red),” ujarnya.

Seperti diketahui, bantuan pertanian dari Presiden Jokowi yang diserahkan Mentan SYL yakni berupa handtraktor 4 unit, combine harvester besar 1 unit, combine harvester sedang 1 unit, power tresher multiguna 1 unit dan packing beras 1 unit serta mesin pengering (vertical dryer) padi berkapasitas 10 ton sebanyak 1 unit.

Sementara itu, SYL sendiri mengaku pengembangan alsintan diharapkan harus seimbang dengan tenaga kerja manusia sehingga pengembangan pertanian tetap memberdayakan petani dengan teknologi pertanian yang maju. Hal itu juga sesuai yang dijanjikan Presiden Jokowi yakni memberikan bantuan mobil pikap setelah melihat dan cukup gembira melihat hasil panen di Kabupaten Malang.

“Dan Kabupaten Malang ini kurang lebih memperlihatkan dinamika produktivitas ketahanan pangan di seluruh Indonesia sebanyak 7,4 juta hektare. Hal ini diapresiasi bapak Presiden. Oleh karena itu, kami menyerahkan bantuan alsintan ada vertical dryer, truk kecil, traktor, combine dan lainnya,” terang SYL.

Topik
Menteri Pertaniansyahrul yasin limpoBupati Malang SanusiBantuan AlsintanPetani Kabupaten MalangPresiden Jokowi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru