Petani Kabupaten Malang Dapat Bantuan Alsintan dari Menteri Pertanian

May 18, 2021 17:25
Petani Desa Kanigoro secara simbolis menerima bantuan alsintan dari Menteri Pertanian (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Petani Desa Kanigoro secara simbolis menerima bantuan alsintan dari Menteri Pertanian (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Para petani di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menurut Syahrul, bantuan tersebut merupakan dukungan nyata pemerintah pusat untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia, khususnya di Kabupaten Malang, dapat naik signifikan.

“Kami hadir untuk menyerahkan apa yang disampaikan Bapak Presiden setelah melihat hasil panen di Kabupaten Malang. Kabupaten Malang ini kurang lebih menggambarkan produktivitas pertanian di Indonesia. Saya harap kabupaten lain bisa mencontoh Kabupaten Malang,” kata Syahrul, Selasa (18/5/2021).

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menambahkan, ada beberapa alsintan yang diberikan kepada petani. Salah satu di antaranya yakni mobil pikap Mitshubishi L300 yang merupakan bantuan dari Presiden Joko Widodo.

“Ada truk kecil yang diminta saat wawancara dengan Bapak Presiden. Bapak Presiden sangat gembira, untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita. Bapak Presiden memerintahkan kepada saya agar bisa memikirkan mesin-mesin pertanian yang dibuat secara nasional,” ungkap Syahrul.

Dengan bantuan alsintan yang diberikan ini, Syahrul meminta kepada para petani agar dapat merawatnya dengan baik. Hal itu agar manajemen pengelolaannya dapat dimaksimalkan di desa yang mendapat bantuan.

“Jadi alatnya jangan dipakai saja langsung disimpan, harus ada manajemen pengelolaannya. Seperti dicuci ataupun merawat dengan baik,” harap Syahrul.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi mengaku bahwa bantuan alsintan tersebut dapat memacu pertumbuhan pertanian di Kabupaten Malang. Oleh karena itu pihaknya akan mengatur manajemen pengelolaan alsintan melalui Dinas Pertanian.

“Semoga dapat bermanfaat dengan baik bagi pertanian di Kabupaten Malang. Karena ini merupakan jawaban nyata Bapak Presiden yang diserahkan melalui Menteri Pertanian,” ujar Sanusi.

Topik
Bantuan Alsintanbantuan petaniPetani Kabupaten MalangPresiden Jokowi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru