Siap-Siap Pendaftar PPDB Jalur Zonasi Jenjang SD, Catat Jadwal dan Persyaratannya Ini

May 18, 2021 16:42
Jadwal PPDB Jalur Zonasi di Kota Malang untuk jenjang SD (istimewa)
Jadwal PPDB Jalur Zonasi di Kota Malang untuk jenjang SD (istimewa)

MALANGTIMES - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Malang tahun ajaran 2021/2022, jalur zonasi jenjang TK maupun SD akan dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang pada tanggal 24 Mei 2021 hingga 26 Mei 2021.

Dalam prosesnya, pendaftaran dilakukan secara online melalui situs yang telah ditentukan, yakni sd.ppdbkotamalang.id. Setelah masuk pada situs pendaftaran, maka peserta diharuskan mengisi formulir yang disediakan dan kemudian diharuskan meng-upload kartu keluarga maupun akta kelahiran.

Namun sebelum melangkah pada proses pendaftaran itu, para peserta harus melengkapi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan. Syarat tersebut yakni, peserta merupakan warga Kota Malang dibuktikan dengan KK diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Kemudian, dalam hal KK yang diterbitkan kurang dari 1 tahun dikarenakan ada perubahan anggota baru yang berstatus anak kandung, KK tersebut dapat diberlakukan. Selanjutnya, perserta berusia paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2021, dibuktikan dengan akta kelahiran dan dikecualikan paling rendah 5 tahun, 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2021 dibuktikan dengan akta kelahiran, dan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional, dalam hal psikolog profesional tidak tersedia, rekomendasi dapat diperoleh dari Kepala TK atas pertimbangan dewan guru TK.

Dalam proses seleksi, sesuai petunjuk teknis tersebut beberapa kriteria Calon Peserta Didik Baru (CPDB) berusia 6,5 tahun sampai dengan 12 tahun, berdomisili pada radius 250 meter dari SD yang dituju diprioritaskan diterima. Kemudian, jika masih ada kuota dari pagu yang telah ditetapkan maka diurutkan dari CPDB yang usianya lebih tinggi ke usia yang lebih rendah. Terakhir, jika terdapat usia yang sama pada batas pagu maka diurutkan berdasarkan jarak tempat tinggal CPDB dengan sekolah yang dituju.

Pagu untuk SD, sebesar 80 persen dari pagu yang tersedia untuk sekolah. Sedangkan bilamana pagu sekolah belum memenuhi, maka sekolah dapat membuka PPDB luring hingga pagu terpenuhi.

"Jalur zonasi memang belakangan. Setelah melakukan pendaftaran, kemudian melalui tim seleksi, akan diumumkan pada tanggal 28 Mei 2021," terang Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM. 

Setelah pengumuman CPDB lolos, kemudian mereka diwajibkan untuk melakukan daftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran di masing-masing sekolah. Dan apabila calon peserta didik baru tidak melakukan daftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan, calon peserta didik baru tersebut dinyatakan mengundurkan diri.

"Untuk waktu daftar ulang adalah tanggal 28 Mei hingga 29 Mei 2021," terangnya.

Sementara itu, untuk memudahkan akses informasi masyarakat, Disdikbud Kota Malang menyediakan call center untuk mereka baik calon siswa maupun wali murid menyampaikan keluhan ataupun pertanyaan terkait PPDB tahun 2021/2022.

Masyarakat yang mempunyai pertanyaan maupun keluhan terkait PPDB, bisa menyampaikan ke nomor 081917178853. Namun bagi masyarakat yang ingin menghubungi nomor tersebut, diwajibkan untuk menghubungi melalui chat WhatsApp. Sebab, pelayanan call center tidak menerima panggilan telfon.

Topik
PPDB kota malangDinas Pendidikan Kota MalangPelatnas balap sepeda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru