Bikin Gaduh Kediri, Telur Dikira Palsu Ternyata Asli, Polisi Nyatakan Tidak Ada Tersangka

May 18, 2021 16:09
Kasat Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Girindra Wardhana saat menggelar rilis pers. (eko arif s/jatimtimes)
Kasat Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Girindra Wardhana saat menggelar rilis pers. (eko arif s/jatimtimes)

KEDIRITIMES - Satreskrim Polres Kediri Kota menegaskan bahwa dugaan telur palsu yang viral belakangan ini di media sosial tidak benar. Telur tersebut asli dari induk ayam, bukan buatan tangan manusia. 

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Girindra Wardhana mengaku, telur  bisa sampai menjadi gel dan bertekstur keras seperti pada video yang diunggah tersebut lantaran terjadi kesalahan pada penyimpanan yang diletakkan di lemari es.

"Indikasinya lemari es (kulkas) yang digunakan terjadi kerusakan sehingga menyebabkan suhu terlalu dingin," ujarnya saat menggelar rillis  pers di Mapolresta Kediri, Selasa (18/5/21).

Kasat reskrim menegaskan  telur tersebut  asli. Pernyataan ini didapat setelah kepolisian bekerjabsama dengan pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri melakukan penyelidikan dan uji lab terhadap telur-telur yang diduga palsu tersebut.

"Hasilnya mendapati jika telur tersebut ialah asli setelah dilihat dari sejumlah kandungan dari isi telur tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut, kasat reskrim mengaku dalam kejadian ini, kepolisian tidak menetapkan adanya tersangka.  "Jadi, dalam kejadian ini tidak ada tersangka. Mereka (pengunggah video) cukup melakukan klarifikasi dengan mengunggah video yang intinya mereka meminta maaf atas kejadian yang telah mereka unggah. Sementara itu, polisi juga tidak melakukan pengusutan terhadap penjual telur mengingat telur-telur tersebut  asli," terangnya.

Diketahui sebelumnya, belakangan ini warga Kota Kediri, Jawa Timur, dihebohkan dengan sebaran video yang menggambarkan seorang emak menemukan telur ayam diduga palsu.  Telur-telur yang terlihat di video tersebut dalam kondisi pecah dan isinya terlihat kental mirip gel. Ada juga telur lainnya setelah dibuka bertekstur keras, bahkan sampai-sampai dalam vidio itu terlihat telur-telur tersebut dapat diiris menggunakan sebilah pisau.

Dugaan temuan telur palsu itu terjadi di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Sontak  adanya kejadian ini seketika viral di jagat dunia maya.

Diketahui, emak yang menemukan “telur palsu” itu bernama Linda Agustini. Dalam video tersebut Linda kaget begitu mendapati telur yang dibelinya di pedagang kaki lima membeku setelah dikeluarkan dari lemari pendingin. Selain itu, cangkang telur yang keras dan sulit pecah saat akan digoreng.

Atas temuan telur yang dinilai janggal ini pun, Linda berinisiatif mengunggah telur-telur tersebut melalui status WhatsApp pada Minggu (16/5) kemarin.

Topik
Liliyana NatsirBerita KediriPolresta Kediri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru