Sampah Rumah Tangga Mendominasi, Libur Lebaran DLH Kota Batu Angkut 117 Ton Per Hari

May 18, 2021 15:02
Petugas saat memilah sampah di TPA Desa Tlekung, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat memilah sampah di TPA Desa Tlekung, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Bukan lagi sampah dari wisatawan yang mendominasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, saat libur Lebaran. Namun sampah rumah tangga yang mendominasi.

Bahkan, kenaikan volumen sampah dalam libur Lebaran ini cukup signifikan. Jika pada hari biasa setiap hari sampah mencapai 90 ton,  saat libur Lebaran ada tambahan 27 ton. Yakni mencapai 117 ton sampah yang masuk di TPA dalam kurun waktu sehari.

“Sampah yang masuk ke TPA per hari mencapai 117 ton. Karena warga libur panjang, jadi aktivitas kehidupannya lebih banyak dihabiskan waktunya di rumah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu  Aries Setiawan. 

Ia menambahkan, adanya kebijakan larangan mudik saat libur Lebaran membuat warga Kota Batu memilih berdiam diri di rumah. Sehingga terdapat banyak aktivitas seperti memasak.

“Waktunya dihabiskan di rumah bersama keluarga, lalu masak di rumah. Itu yang menbuat sampah rumah tangga berlebih,” kata Aries. 

Jika biasanya rumah tangga menyumbang 50 persen sampah, saat libur Lebaran mencapai 70 persen per hari. Dari jumlah itu, terbanyak penyumbang volume sampah berada di Kecamatan Batu dibandingkan Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji.  Kecamatan Batu menyumbang hingga 60 persen.

 “Kecamatan Batu penyumbang sampah terbanyak lantaran padat penduduk. Dari jumlah tersebut, sampah dari Kecamatan Batu 60 persen. Sisanya Junrejo dan Bumiaji,” tambah mantan camat Batu tersebut.

Selama libur Lebaran, DLH Kota Batu secara rutin mengangkut sampah di tempat umum. Ada 17 armada pengangkut sampah yang langsung dikirim di TPA Tlekung. 

 

Topik
sampah di Kota BatuLibur LebaranDLH Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru