Pangdam V Brawijaya Pastikan Vaksin AstraZaneca Jenis Ini Aman untuk Vaksinasi Purnawirawan TNI

May 18, 2021 14:12
Suasana peninjauan vaksinasi purnawirawan TNI di RST dr Soepraoen, Selasa (18/5/2021). (Foto: Istimewa).
Suasana peninjauan vaksinasi purnawirawan TNI di RST dr Soepraoen, Selasa (18/5/2021). (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Percepatan vaksinasi covid-19 terus digencarkan di seluruh tanah air. Kali ini, giliran para purnawirawan dan warakawuri TNI di Kota Malang yang tengah disuntik vaksin.

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan jajaran Kodam V Brawijaya secara khusus melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi tersebut di RST dr Soepraoen Malang, Selasa (18/5/2021). "Saya ingin cek secara langsung vaksinasi covid-19 ini kepada para purnawirawan, warakawuri, suami atau istri purnawirawan dan anggota keluarga prajurit TNI aktif," ungkapnya.

Dalam tinjauannya kali ini, pangdam memastikan vaksinasi dengan penggunaan AstraZaneca jenis 546 telah aman. Karena hal ini pula, Suharyanto mengatakan, vaksinasi juga serentak digelar di 41 fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah Kodam V Brawijaya dengan total jumlah vaksin sebanyak 21 vial.

"Jenis tersebut (vaksin AstraZaneca 546) diizinkan untuk vaksinasi. Alhamdulilah, ini juga berjalan dengan lancar. Vaksinasi ini berlangsung hingga 21 Mei 2021," imbuhnya.

Dari pelaksanaan vaksinasi covid-19 kali ini, setidaknya hingga pukul 12.00 sudah ada 128 orang. Mereka merupakan ibu rumah tangga dan warakawuri. Dan, tidak ada yang mengalami KIPI (kejadian ikutan pasca-imunisasi) atau reaksi-reaksi pasca-disuntik vaksin.

Selain di Kota Malang, saat ini dari sekitar 26 ribu prajurit TNI dan 2.000 PNS di wilayah Kodam V Brawijaya, telah tercapai 80 persen yang mengikuti vaksinasi. Adapun yang belum melakukan suntik vaksin dikarenakan memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Rata-rata sudah divaksin. Yang belum melakukan vaksinasi itu karena memang memiliki tekanan darah tinggi, komorbid dan tengah melaksanakan tugas," tandas pangdam.

Topik
Vaksinasi Covid 19Pangdam V BrawijayaKodam V Brawijaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru