Operasi Ketupat Semeru 2021 Berakhir, Penyekatan Berganti Pengetatan Mulai Hari Ini

May 18, 2021 11:11
Petugas kepolisian di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Kota Malang saat memeriksa kelengkapan berkas dari salah satu pengendara. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Petugas kepolisian di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Kota Malang saat memeriksa kelengkapan berkas dari salah satu pengendara. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Operasi Ketupat Semeru 2021 yang telah berlangsung mulai 6 Mei berakhir pada tanggal 17 Mei 2021. Meskipun telah berakhir, mulai hari ini Selasa (18/5/2021) sampai Senin (24/5/2021) akan dilakukan Masa Pengetatan Pasca Mudik Lebaran 2021. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Khrisna mengatakan bahwa pemberlakuan Masa Pengetatan Pasca Mudik Lebaran 2021 untuk mekanismenya kurang lebih sama dengan penyekatan pada Operasi Ketupat Semeru 2021 yang telah berlangsung selama 12 hari tersebut. 

"Bedanya, untuk pelaksanaan pengetatan mulai tanggal 18 Mei sampai dengan 24 Mei 2021. Untuk tempat penyekatannya tetap sama, yaitu di Exit Tol Madyopuro," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Selasa (18/5/2021). 

Dalam penyekatan di Pos Pengamaman Exit Tol Madyopuro Malang, nantinya berkas-berkas yang diminta untuk seluruh kendaraan yang melintas juga sama. Seperti berkas hasil negatif Covid-19 swab res antigen ataupun swab tes PCR (Polymerase Chain Reaction), serta juga ada persyaratan bagi pekerja harus menyertakan surat kerja dari perusahaan dengan cap stempel basah. 

"Kendaraan plat luar maupun dalam Kota Malang saat melintas (di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang, red) wajib menunjukan hasil negatif Covid-19 nya," terangnya. 

Perwira yang akrab disapa Yoppy ini melanjutkan bahwa petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan Kota Malang, BPBD Kota Malang dan Dinas Kesehatan Kota Malang juga akan melakukan swab tes antigen secara acak kepada pengendara maupun penumpang yang melintas di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang. 

"Untuk kegiatan swab tes antigen juga akan kami gelar secara random bagi pengemudi yang masuk ke Kota Malang (melalui Pos Pengamaman Exit Tol Madyopuro, red)," ujarnya. 

Petugas kepolisian sedang melakukan pengecekan pada bak truk.

Sementara itu, Padal (Perwira Pengendali) Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang Iptu Sutadi menuturkan bahwa petugas gabungan telah bersiap untuk menjalankan kegiatan perpanjangan penyekatan dan pengetatan di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang pada momen Lebaran 2021. 

"Sebagai anggota Polri, kami siap melaksanakan perintah dari pimpinan. Bila kegiatan penyekatan diperpanjang, kami siap untuk melanjutkan," tegasnya. 

Perwira dengan dua balok di pundaknya tersebut mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang akan memasuki Kota Malang agar terus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

"Patuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Karena perlu diingat, pandemi Covid-19 masih belum berakhir," tutupnya.

Topik
Kota MalangPT Wage Karya Wahyu Lestarialejo academy surabaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru