Persiapan Jaring Mahasiswa Berkualitas, UIN Malang Gelar Simulasi Sistem Seleksi Elektonik

May 17, 2021 19:55
Panitia lokal SSE UM-PTKIN UIN Malang yang tengah melakukan simulasi (Ist)
Panitia lokal SSE UM-PTKIN UIN Malang yang tengah melakukan simulasi (Ist)

MALANGTIMES - Panitia Lokal (Panlok) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, hari ini (17/5/2021) menggelar tryout Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2021 di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat lantai 3, UIN Maliki Malang.

Simulasi ini dilakukan untuk melihat persiapan panitia dan capaian selama masa seleksi di UIN Malang bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti saat berlangsungnya ujian seleksi UM PTKIN pada 24 Mei 2021.

1

"Semoga uji coba UM PTKIN ini bisa berjalan lancar dan pada saat pelaksanaan nanti para peserta bisa mengikuti secara benar dan sesuai prosedur," ungkap Ketua Panlok UM-PTKIN UIN Malang, Prof Dr M Zainuddin MA.

Dalam simulasi ini, semua Panlok di Indonesia, termasuk Panlok di UIN Malang, melakukan uji coba selama empat hari ke depan, mulai tanggal 17 Mei 2021 hingga 20 Mei 2021.

Imam Ahmad MAg, Koordinator Sistem Seleksi Elektronik (SSE) lokal UM PTKIN UIN Malang, menambahkan jika UM PTKIN merupakan salah satu dari lima jalur masuk di UIN Malang yang akan diseleksi melalui SSE UM-PTKIN.

3

Dari pendaftar pada simulasi ujian ini terdapat 1800. Nantinya akan terdapat tiga sesi dengan tiap ruangan terdapat 20 peserta, sehingga setiap sesei memungkinkan dilakukan ujian langsung 200 peserta.

Ditegaskan Imam, jika memang simulasi ini diselenggarakan untuk menguji kesiapan dari panitia. Dan pada hari pertama simulasi ini, sudah menunjukkan adanya hal positif. Sebab, dilihat dari kehadiran peserta telah mencapai 80 persen.

"Sistem SSE ini sudah mulai diketahui oleh masyarakat, dan insyallah juga tahun ini akan ada tes SSE baca tulis Al-Qur'an yang nanti juga akan dipraktekkan pada kegiatan uji coba ini. Jangan sampai mahasiswa yang masuk tidak bisa baca tulis Al-Qur'an," terangnya.

2

Kemudian, untuk ujian SSE UMPTKIN secara nasional, akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2021 hingga tanggal 29 Mei 2021. Oleh karena itu, dalam persiapan SSE ini, pihaknya menekankan kepada seluruh panitia yang terlihat untuk benar-benar bersiap.

"Tadi kita awali dengan koordinasi, kemudian install sistem SSE di laptop pengawas dan penanggung jawab ruang dan lainnya. Dalam ujian ini aspek kognitif, psikomotorik dan aspek afektif akan kita gali dalam SSE ini ," bebernya.

Disamping itu, dalam persiapan ini, diungkapkan Imam, jika panitia lokal juga tengah dipantau dalam persiapannya oleh panitia nasional melalui zoom. Namun meskipun begitu, hal tersebut bukan menjadi hambatan bagi Panlok di UIN Malang dalam melaksanakan simulasi SSE UM-PTKIN.

"Alhamdulillah uji coba kali ini lancar karena komunikasi yang berjalan dengan baik kegiatan berjalan lancar, mohon dukungan dan doa agar ujian ini bisa menjaring mahasiswa berkualitas di perguruan tinggi dan benar-benar generasi yang ingin mendalami keilmuan. Harapan kami sistem ini bisa dikembangkan lebih maju dan valid, sehingga benar-benar mampu mengukur kemampuan calon mahasiswa dengan baik," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki Malangprof zainuddinsea games vietnam 2021

Berita Lainnya

Berita

Terbaru