Sebanyak 615 Kendaraan Diputar Balik di Exit Tol Madyopuro selama Penyekatan

May 17, 2021 19:46
Salah satu kendaraan yang diarahkan untuk putar balik oleh petugas Polresta Malang Kota di Exit Tol Madyopuro, Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Salah satu kendaraan yang diarahkan untuk putar balik oleh petugas Polresta Malang Kota di Exit Tol Madyopuro, Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Dalam Operasi Ketupat Semeru tahun 2021 yang berlangsung sejak tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021, sebanyak 615 kendaraan bermotor diputar balikkan di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro, Kota Malang dari 6.021 kendaraan yang dilakukan pemeriksaan. 

"Dari 6.021 kendaraan yang diperiksa petugas gabungan, sebanyak 615 kendaraan dilakukan tindakan putar balik. Dengan perincian, mobil pribadi sebanyak 558 kendaraan dan bus sebanyak 5 kendaraan. Sedangkan untuk mobil barang yang diputar balik, sebanyak 52 kendaraan," ungkap Kepala Posko Operasi Ketupat Semeru 2021 Iptu M. Sochib kepada MalangTIMES.com, Senin (17/5/2021). 

Lanjut Sochib bahwa untuk 6.021 kendaraan yang telah dilakukan pemeriksaan di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Kota Malang rinciannya mobil pribadi sebanyak 5.557 kendaraan, bus sebanyak 42 kendaraan dan mobil barang sebanyak 422 kendaraan. 

Perwira dengan dua balok di pundaknya ini menjelaskan bahwa untuk kendaraan yang diputar balik tersebut dikarenakan tidak memenuhi persyaratan kelengkapan administrasi yang harusnya dibawa. 

"Kendaraan yang diputar balik itu karena tidak memiliki dan membawa berbagai surat kelengkapan. Seperti surat keterangan kerja, surat perjalanan dinas dan surat keterangan negatif Covid-19," jelasnya. 

Lebih lanjut, dikatakan oleh Sochib bahwa selain pemeriksaan kendaraan yang akan memasuki Kota Malang, petugas gabungan juga melakukan rapid tes antigen terhadap para pengendara dan penumpang di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang secara acak. 

"Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021, kami telah melakukan rapid tes antigen (secarq acak, red) kepada 144 orang, dan Alhamdulillah semua hasilnya negatif Covid-19," terangnya. 

Sementara itu, disinggung mengenai adanya travel yang mengangkut pemudik gelap, dalam gelaran Operasi Ketupat Semeru 2021 tidak ditemukan travel atau pun truk yang mengangkut pemudik gelap melintas di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang. 

"Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021 berlangsung dengan aman dan lancar. Selama kegiatan tersebut, kami tidak menemukan adanya travel gelap atau pun truk yang mengangkut para pemudik," tandasnya. 

Sebagai informasi, hingga sampai saat ini petugas gabungan di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Malang secara berkala terus melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang melintas. Khususnya bagi kendaraan dengan nomor polisi diluar plat N.

Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya pemudik yang masih nekat masuk ke wilayah Kota Malang ditengah larangan mudik Lebaran 2021 oleh pemerintah pusat. 

Topik
pos pelayanan dan penyekatanexit tol madyopurom sochib

Berita Lainnya

Berita

Terbaru