Libur Lebaran, Kunjungan Wisata Kota Batu Tak Menyentuh Kuota Kapasitas

May 17, 2021 13:25
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau protokol kesehatan di Museum Musik Dunia beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau protokol kesehatan di Museum Musik Dunia beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Larangan mudik tahun 2021 sangat berimbas pada jumlah kunjungan di Kota Batu. Bahkan angka kunjungan tidak menyentuh kuota dari kapasitas 50 persen tempat wisata.

Meskipun, jumlah wisatawan sempat ada peningkatan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di beberapa kawasan wisata. Seperti halnya kunjungan di Selecta mencapai 1.255 wisatawan.

Kemudian di Jatim Park 2 mencapai 1.345 kunjungan. Lalu di Jatim Park 3 menyentuh angka 1.886 wisatawan. Lainnya di Batu Love Garden mencapai 780 wisatawan. Selanjutnya di Jatim Park 1 ada 745 kunjungan.

Dari jumlah tersebut bisa dikatakan kunjungan tertinggi selama libur lebaran. Sebab sebelum pasca lebaran jumlah wisatawan yang datang di bawah angka tersebut. Rata-rata mereka yang datang berwisata itu dari wilayah Malang atau aglomerasi.

“Kunjungan tidak tinggi karena ada larangan mudik, karena wisatawan kami rata-rata dari wilayah Surabaya Raya. Selama libur lebaran ini rata-rata dari wilayah Malang Raya,” ungkap Direktur Selecta, Sujud Hariadi.

Karena itu untuk meningkatkan kunjungan, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta pariwisata Kota Batu bisa memberikan strateginya. Strategi yang disarankan dengan diskon maupun promo.

Dengan demikian, supaya bisa membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berada di kawasan wisata tersebut. “Saat larangan mudik tempat wisata masih dikunjungi rata-rata wisatawan Malang Raya,” ucapnya. 

“Supaya perputaran uang ini terus berjalan, saya minta tempat wisata memberikan diskon atau promo untuk pemulihan ekonomi,” tambah istri Eddy Rumpoko ini.

Topik
pariwisata kota batuGubernur Jatimtes swab pemkota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru