Ternyata Manusia Seperti Ini Dikelilingi Malaikat

May 17, 2021 08:47
Ilustrasi kesabaran manusia (dreamcoid)
Ilustrasi kesabaran manusia (dreamcoid)

MALANGTIMES - Abu Bakar As Shiddiq merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang selalu menyertainya. Ada banyak momen yang dihabiskan bersama oleh Rasulullah dan Abu Bakar.

 Tidak jarang dari apa yang dialami bisa diambil sebuah hikmah positif. Salahs atunya adalah dengan tidak membalas cacian.

Lalu apa yang kita dapatkan dengan tidak membalas cacian? Mengapa Rasulullah SAW meninggalkan Abu Bakar saat membalas cacian?

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Abu Dawud, disebutkan saat itu Rasulullah sedang mengunjungi Abu Bakar. Namun dalam riwayat lain, Rasulullah dan Abu Bakar sedang ada dalam majelis bersama. Kemudian orang Badui pun datang dan memaki Abu Bakar. Abu Bakar merespons dengan biasa. Namun orang tersebut tetap mengeluarkan cacian kata-kata yang kasar. 

Saat itu, Abu Bakar hanya diam dan tersenyum. Melihat ekspresi Abu Bakar, Rasulullah ikut tersenyum. Melihat ucapannya tak ditanggapi dan justru direspons dengan senyum, orang Badui tersebut kemudian kembali memakinya dengan kata-kata kasar. 

Meski begitu, Abu Bakar masih bisa bersabar dan membuat Rasulullah kembali tersenyum.  Hal tersebut kemudian lagi-lagi membuat orang Badui jengkel dan semakin memaki Abu Bakar dengan kata-kata yang lebih kasar lagi daripada sebelumnya.

Pada makian yang ketiga, Abu Bakar terpancing dan tidak tahan dengan apa yang dikatakan orang Badui tersebut dan kemudian membalasnya. Melihat Abu Bakar membalas cacian orang Badui itu, Rasulullah SAW  justru meninggalkan Abu Bakar. 

Abu Bakar yang melihat itu langsung mengejar Rasulullah SAW. Saat itu, Abu Bakar bertanya kepada Rasulullah mengepa ia meninggalkannya. Kemudian Rasulullah menjawab:  “Ketika kamu dicaci orang Badui tadi dan kamu tetap diam dan bersabar, aku melihat malaikat datang mengelilingimu. Ketika kamu dicaci untuk kedua kalinya dan kamu juga masih bersabar dan hanya membalas dengan diam,  aku melihat jumlah malaikat yang datang mengelilingimu semakin bertambah banyak. Namun ketika dicaci untuk yang ketiga kalinya dan kamu membalas cacian tersebut, aku mau lihat malaikat yang tadi berkumpul mengelilingimu pergi meninggalkanmu dan digantikan oleh iblis-iblis yang datang mengelilingimu. Aku tidak bisa berkumpul dengan iblis oleh sebab itu aku pergi meninggalkanmu.”

Dalam Al-Quran pun sudah sangat jelas dalam menghadapi saat ada yang mencaci. "Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha penyayang itu (ialah) orang orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan"( QS Al Furqan 63).

"Karena itu, bila pun tak bisa mengucapkan salam yang mengandung keselamatan, hendaknya diam dan mendengarkan makian tanpa membalas. Bersabarlah terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkan mereka dengan cara yang baik" (QS Al Muzzammil :10).

Kisah yang dirangkum dari Islam Populer dan beberapa sumber lain di atas kiranya bisa menjadi petikan positif yang bisa digunakan dalam menjalani kehidupan lebih baik lagi serta menambah keimanan kepada Allah SWT. 

Topik
Pelajaran tak balas caciankisah islamiNasib Palestina

Berita Lainnya

Berita

Terbaru