Sepatu Ini Bikin Penyandang Tunanetra Berjalan Aman dan Lebih Fashionable

May 17, 2021 07:34
Sepatu pintar 'InnoMake'. (Foto: InnoMake).
Sepatu pintar 'InnoMake'. (Foto: InnoMake).

INDONESIATIMES - Berbicara soal teknologi, tidak melulu soal platform media sosial yang beragam. Tapi juga mengarah ke dunia fashion.

Salah satunya sepatu. Namun, yang satu ini bukan sembarangan sepatu. Sebab, alas kaki ini secara khusus diperuntukkan bagi penyandang tunanetra.

Ya, sebuah perusahaan asal Austria bernama Tec-Innovation bersama dengan Graz University of Technology menciptakan sepatu pintar yang bisa mendeteksi hal-hal di sekitarnya. Sepatu canggih ini nantinya diharapkan bisa membantu para tunanetra agar bisa tetap berjalan dengan aman.

Jadi, dengan penggunaan sepatu pintar tersebut, para tunanetra akan lebih nyaman saat menyusuri jalan tanpa tongkat. Tentunya, juga lebih fashionable ya.

Dikutip dari berbagai sumber, sepatu pintar ini diberi nama 'InnoMake'. Nah, di bagian ujungnya terdapat sensor ultrasonik yang nantinya bisa bergetar dan mengeluarkan suara. Tanda ini untuk memberi peringatan akan rintangan yang dihadapi kepada pemakainya.

Sepatu ini dirancang untuk mendeteksi dua informasi, yaitu hambatan dan jalur arah. Markus Raffer, yang juga pendiri perusahaan ini, merupakan seorang tunanetra. Ia mengatakan, sensor pada sepatu mampu mendeteksi rintangan hingga jarak empat meter.

Cara kerjanya, sepatu ini akan mengeluarkan getaran dan sinyal akustik untuk memperingatkan pemakainya. Semakin dekat dengan rintangan, maka sensor tersebut akan semakin kuat memberikan getaran dan sinyal akustik.

"Ini bekerja dengan sangat baik dan sudah sangat membantu saya secara pribadi. Peringatan bahwa saya menghadapi kendala tidak hanya relevan, tetapi juga informasi tentang hambatan apa yang saya hadapi karena sangat berpengaruh, baik itu tembok, mobil atau tangga," jelas Raffer.

Saat ini, pemasaran sepatu pintar ini telah dibuka di situs wes perusahaan. Sepasangnya dibanderol harga sekitar Rp 53 juta. Namun, meski telah diperjualbelikan, sepatu tersebut masih akan tetap dikembangkan.

Rencananya  di sepatu pintar ini juga akan dipasang sebuah kamera bertenaga AI (artificial intelligence). Hal ini dilakukan agar bisa lebih akurat dalam mendeteksi rintangan.

 

Topik
Sepatu khusus penyandang tunanetraAtlet wushu sakitPenyandang Tunanetra

Berita Lainnya

Berita

Terbaru