Bekali Calon Kader Posyandu Jiwa, KKN Sinambung UM Adakan Kegiatan Psikoedukasi

May 16, 2021 17:46
Mahasiswa KKN UM memberikan materi tentang psikoedukasi kepada calon kader Posyandu Jiwa di Desa Pait (foto: istimewa)
Mahasiswa KKN UM memberikan materi tentang psikoedukasi kepada calon kader Posyandu Jiwa di Desa Pait (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Guna membekali calon kader sebagai tahap awal pendirian Posyandu Jiwa di Desa Pait Kasembon Malang, mahasiswa KKN Sinambung Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan Psikoedukasi.

Kesehatan mental menjadi topik yang mulai disadari pentingnya oleh masyarakat luas. Namun dalam pelaksanaannya di masyarakat masih belum bisa merata. Masih banyak orang yang memiliki masalah mental taraf ringan maupun berat atau biasa disebut orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) belum mendapatkan pelayanan kesehatan kejiwaan maupun perlakuan dari masyarakat yang baik.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang layak bagi ODGJ, diperlukan Posyandu Jiwa dalam unit yang lebih sempit seperti desa. Hal ini dikarenakan dalam menangani ODGJ diperlukan lingkungan atau masyarakat yang bersinergi dalam mencapai tujuan untuk kesehatan mental masyarakat yang lebih baik.

Oleh karena itu, sejalan dengan kebutuhan akan pelayanan kesehatan mental kepada ODGJ, Mahasiswa KKN UM Desa Pait 2021 mengadakan Psikoedukasi untuk Calon Kader Jiwa dalam tahap awal pembentukan Posyandu Jiwa di Desa Pait. Desa Pait direncanakan bakal menjadi salah satu desa yang akan diadakan Posyandu Jiwa namun tanggal pelaksaannya masih belum diinformasikan secara resmi.

“Tujuan dari psikoedukasi ini yaitu untuk memulai pembentukan Posyandu Jiwa di Desa Pait sehingga nantinya para Kader Jiwa sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai kesehatan mental dan posyandu jiwa,” ucap koordinator KKN UM di Desa Pait, Iqbal Gunawan.

Psikoedukasi ini diberikan langsung oleh Mahasiswa KKN UM yang terdiri dari lima mahasiswa dari dua program studi (prodi) yaitu Iqbal Gunawan, Luthfia Nadhira Nurfajrina, Nuzulla Ardianti, dan Siti Nurul Mufaziroh dari prodi Psikologi serta Desy Nuzuli Rahmawati dari prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Dalam perencanaan dan pelaksanaan juga dibimbing oleh Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Psikoedukasi ini telah terlaksana sebanyak 2 kali pada tanggal 13 Maret 2021 dan 10 April 2021.

Pelaksanaan psikoedukasi yang pertama dengan tema terkait pengenalan psikologi jiwa atau konsep apa itu yang dimaksud dengan jiwa. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Pait dan dihadiri oleh para Kader Jiwa, Ibu Lurah, Ibu Bidan, Perawat Desa, serta perwakilan dari Dinas Sosial.

Selama proses peyampaian materi para peserta Kader Jiwa sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh mahasiswa KKN. Penjelasan terkait dengan jiwa serta konsep sehat dan sakit baik secara fisik ataupun psikis.

Pertemuan kedua, acara psikoedukasi membuat para kader lebih bersemangat, pertemuan kedua ini dihadiri lebih banyak peserta dengan tema “Posyandu Jiwa, Ruang Lingkup Dan Prevensi Kesehatan Mental”.

Pelaksanaan psikoedukasi ini diharapkan bisa menjadi batu loncatan terciptanya lingkungan pelayanan kesehatan jiwa yang lebih baik di Desa Pait.

Topik
PosyanduPelukis difabel Sadikin Pard

Berita Lainnya

Berita

Terbaru