Ternyata Ini Fungsi Behel Motor Sebenarnya, Awas Salah Kaprah Malah Bikin Bahaya

May 15, 2021 00:05
Behel Sepeda Motor (Foto: Tribunnews)
Behel Sepeda Motor (Foto: Tribunnews)

INDONESIATIMES – Umumnya banyak penumpang sepeda motor mengira dan menggunakan behel motor yang letaknya di belakang jok sebagai tumpuan dan pegangan.

Padahal hal tersebut sebenarnya malah membahayakan penumpang dan pengendaran sepeda motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan jika penempatan behel motor pada bagian belakang tak lebih untuk memudahkan pemilik motor ketika akan memarkir motor dengan standar tengah.

"Selama ini memang banyak yang salah, paling utama pemboncengnya sendiri. Selain untuk tumpuan saat mau standar tengah, fungsi lain dari behel sebenarnya juga ke estetika dan membantu ketika saat membawa barang. Serta memindahkan motor ketika parkir," kata Agus seperti yang dilansir dari Kompas.

Agus juga menjelaskan jika berpegangan pada behel motor saat berkendara malah membahayakan penumpang karena secara tidak langsung pembonceng memberikan tumpuan dan membuat bagian belakang motor jadi lebih berat.

Posisi tersebut akan memberikan dampak negatif pada bagian handling motor. Pengemudi bisa saja kesulitan saat akan melakukan manuver atau ketika akan berbelok.

"Bisa saja kehilangan keseimbangan karena lawan arah dengan pengemudi," ujar Agus.

Agus juga mengatakan, berpegangan pada behel motor dapat menimbulkan bahaya. Sebab, posisi tubuh jadi tak seimbang ketika pengemudi tiba-tiba melakukan akselerasi. Pembonceng bisa saja makin terpental ke belakang.

Topik
sajian makananOtomotifdunia otomotif

Berita Lainnya

Berita

Terbaru