Petani Kopi Asal Kota Batu Hasilkan Citarasa Buah Apel

May 15, 2021 04:24
Berkeliling kebun kopi milik Oktavian Dwi Suhermanto di Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu (foto: Mariano Gale/ JatimTIMES)
Berkeliling kebun kopi milik Oktavian Dwi Suhermanto di Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu (foto: Mariano Gale/ JatimTIMES)

BATUTIMES-Dari hasil eksperimennya, Oktavian Dwi Suhermanto berhasil membuat kopi dengan citarasa buah apel. Dengan kebun seluas 10 hektar di Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu, Dwi menghasilkan 600 kilogram biji kopi.

"Pohon kopi kan dapat menyerap kandungan unsur lain. Kemudian saya tanam berdekatan dengan pohon apel. Sehingga biji kopi dapat menghasilkan rasa buah apel," ujarnya, Sabtu (15/5/2021).

Eksperimen itu, berawal karena dapat anjuran oleh sang ayah. Sebab, lahannya itu dulunya lahan apel. Yang kemudian, Dwi gabungkan dengan kopi.

"Dan ternyata hasil kopinya tercium aroma buah apel. Jadi setelah lulus kuliah saya tertarik untuk menjadi petani kopi, karena dulu sempat kerja praktik semasa kuliah," ujar pria alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jurusan Kehutanan itu.

Dari hasil kopinya itu, Dwi mengaku bisa mendapat keuntungan Rp 4 juta per bulannya. "Luas kebun 10 hektar dan menghasilkan 600 kilogram biji kopi. Dari hasil panen tersebut kita olah dan dikemas menjadi produk olahan yang kami beri nama Kopi Siman. Ya Alhamdulillah, hasil ini menajadi rejeki buat kami," ujarnya.

Topik
kopi kota batukopi apel batuhukum kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru