Antisipasi Kebakaran, BPBD Kota Batu Beri Imbauan Ini

May 13, 2021 14:15
Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan. (Foto: istimewa)
Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana. Mengingat, saat musim kemarau bencanan kebakaran kerap terjadi dipemukiman maupun di lahan dan hutan.

“Kami mengimbau kepada warga Kota Batu waspada akan kebakaran di pemukiman. Mengingat sering juga terjadi kebakaran karena lalai,” kata Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Kelalaian itu, lanjutnya, biasanya terjadi lantaran sedang memasak sesuatu kemudian ditinggalkan oleh pemilik. Sehingga sering terjadi insiden kebakaran yang membakar bagian dapur. "Ini yang sering terjadi.  Lalu tidak membuang putung rokok sembarangan,” imbuhnya.

Ditakutkan, saat membuang putung rokok sembarangan bisa saja terjadi kebakaran di area lahan. Kemudian tidak membakar sampah di area lahan, yang sering kali terjadi saat terkena angin kencang api menjalar. 

Bagi para pendaki gunung, saat membuat api unggun supaya lebih teliti dalam mematikannya. “Kadang kalau memadamkan enggak dicek kondisi di dalamnya langsung ditinggal. Ketika diterpa angin ternyata masih ada sisa api dan menjalar di area hutan,” tambah Agung.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah atau berada di rumah. "Biasanya sering terjadi korsleting listrik, hingga lalai saat menyalakan api,” ujarnya.

Topik
kebakaranKota Batubencana kebakaranMusim Kemarau

Berita Lainnya

Berita

Terbaru