Geger Penemuan Limbah Medis di TPS Kota Batu, Asal-Usul Masih Diselidiki

May 13, 2021 19:45
Tumpukan sampah di TPS Kelurahan Dadaprejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tumpukan sampah di TPS Kelurahan Dadaprejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu sempat dikagetkan dengan ditemukannya sampah jarum suntik di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kelurahan Dadarejo. Hal ini pun membuat petugas bertanya-tanya mengenai asal usul sumber sampah medis tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Aries Setiawan mengatakan, beberapa saat lalu petugas menemukam alat medis yakni jarum suntik. Jarum suntik ditemukan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kelurahan Dadarejo, Kecamatan Junrejo.

“Sempat kaget juga ada petugas yang menemukan jarum suntik di TPS Dadarejo. Karena ini masuk dalam limbah infeksius, cukup membahayakan juga,” ungkap Aries. 

Mendapati laporan dari petugas yang ada di sana, pihaknya pun melakukan investigasi sumber jarum suntik itu. Apakah jarum suntik itu disuntikkan untuk kecantikan atau yang lainnya.

“Kalau ini masuk limbah medis ya enggak boleh masuk di TPS maupun TPA, karena setiap rumah sakit punya izin masing-masing untuk menyimpang limbah medis dan telah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membuangnya,” tambahnya.

Lebih jauh diabmenjelaskan, jumlah jarum suntik yang ditemukan petugas belum diketahui pasti. Namun dikatakannya memang tidak banyak. “Jarum suntik yang ditemukan cuman bijian tapi enggakgak tahu berapa banyak jumlahnya. Karena kalau limbah medis, puskesmas, rumah sakit punya SOP ijin penyimpanan limbah. Mangkannya itu kami melakukan investigas untuk mengetahui sumbernya,” turup Aries. 

Topik
sampah medisantisipasi keramaianKota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru