Cegah Pernikahan Dini, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Maksimalkan Peran Duta GenRe

May 14, 2021 17:12
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani saat ditemui MalangTIMES.com usai menghadiri acara di Ngalam Command Center. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani saat ditemui MalangTIMES.com usai menghadiri acara di Ngalam Command Center. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Ana  Pemberdayaan Perempuan, Keluraga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang terus memaksimalkan SDM (sumber daya manusia) yang dimiliki untuk mencegah terjadinya pernikahan dini. Salah satu yang dimaksimalkan perannya adalah  Duta GenRe (Generasi Berencana). 

Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani mengatakan, Duta GenRe dimaksimalkan untuk menjangkau para remaja. Apalagi, Duta GenRe juga masih berusia muda sehingga diharapkan para remaja lebih nyaman berkomunikasi dengan orang yang seumuran. 

"Kita punya Duta GenRe ya. Anak-anak generasi yang berencana. Itu kami terapkan, kami galakkan karena rata-rata remaja kalau cerita ke orang tuanya, malu ya. Kalau sesama remaja, itu cenderung nggak malu. Oleh karena itu, Duta GenRe di Kota Malang kami galakkan," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Duta GenRe  terdiri dari para remaja yang telah terpilih melalui seleksi yang dilakukan oleh Dinsos-P3AP2KB Kota Malang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kota Malang. Dalam sistem keanggotaannya sendiri, Duta GenRe juga memiliki pusat informasi konseling (PIK) di masing-masing kecamatan yang juga terdiri dari para remaja. 

Peny menuturkan, untuk Duta GenRe di Kota Malang, telah terkumpul 27 anggota. Mereka dibina oleh Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dan TP PKK Kota Malang. 

Menurut Peny, Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, yang merupakan istri  Wali Kota Malang Sutiaji,  telah dianugerahi penghargaam sebagai Bunda Duta GenRe Kota Malang. "Sebagai Bunda GenRe, sering turun ke lapangan," ungkapnya. 

Peny beralasan, adanya kolaborasi antara Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dengan TP PKK Kota Malang, pencegahan pernikahan dini akan dapat berjalan lebih maksimal.  "Karena Duta GenRe kan juga dibantu ibu-ibu dasawisma tingkat bawah ya. Per 10 keluarga ada arisan. Itu kan dasawisma yang di dalamnya ibu-ibu. Peran PKK sangat mendukung kegiatan Dinsos-P3AP2KB," pungkasnya.

Topik
Dinsos P3AP2KB Kota MalangCegah Pernikahan DiniTP PKK Kota Malangduta genre

Berita Lainnya

Berita

Terbaru