Lewat Safari Ramadan Bertajuk 'Rektor Unisma Menyapa', Pesan Kebaikan Bergema di 7 Lokasi

May 11, 2021 15:02
Rektor Unisma saat memberikan tausyiah membangun di PP Nurul Ulum Blitar (Ist)
Rektor Unisma saat memberikan tausyiah membangun di PP Nurul Ulum Blitar (Ist)

MALANGTIMES - Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Prof Dr H Maskuri MSi melakukan Safari Ramadan di tujuh tempat. Dalam safari Ramadan yang bertajuk "Rektor Unisma Menyapa" itu, tiga pondok pesantren dan empat masjid yang tersebar di wilayah Pasuruan, Blitar, Tulungagung, Kepanjen dan Tumpang telah dikunjunginya.

Dalam kunjungannya, Rektor yang ramah dan murah senyum itu, dipercaya memberikan tausyiah keagamaan yang membangun di tempat-tempat yang ia kunjungi. Seperti halnya saat Rektor Unisma itu berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Ulum, Kota Blitar.

Dalam tausyiahnya, Rektor Unisma menyampaikan jika Indonesia kini memiliki bonus demografi. Di mana banyak generasi produktif yang melimpah. Karena itu, dijelaskannya, perlu sekali adanya edukasi yang benar-benar berjalan. Sehingga, bonus demografi tersebut tidak malah menjadi malapetaka.

Rektor

"Maka adanya lembaga pendidikan, jangan hanya sebagai tombo ati. Tapi adanya lembaga pendidikan harus dikelola secara profesional seperti Nurul Umum ini. Harus pandai memanfaatkan peluang uang dimanage dengan konsep out of the box," jelasnya.

Dengan terkelola secara profesional, hal tersebut akan berimbas positif. Sehingga mampu untuk mengantarkan para generasi penerus dalam memenangkan persaingan di masa depan. 

Dalam Persaingan di masa depan juga dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas jiwa entrepreneur yang tinggi. Namunn ditegaskannya jika memiliki jiwa enterpreneur yang tinggi saja belum cukup tanpa didukung dengan spiritualitas yang memadai.

"Tanpa didukung dengan spiritualitas, orang tersebut malah akan menghalalkan segala cara. Sedangkan dalam hidup ini perlu menyeimbangkan antara dunia dan akhirat. Spiritualitas itu akan sangat kuat didapat di dalam pondok pesantren. Dan itu sangat dahsyat. Tanpa spiritualitas yang kuat, tentu intelektual bukanlah hal apa-apa. Spritulitas ini sangat penting," bebernya.

Santri

Selain itu, Rektor Unisa juga membeberkan kunci sukses dan maju lainnya  di masa mendatang. Dijelaskannya terdapat enam hal yang harus dimiliki dan dilakukan. Keenamnya adalah sebagai berikut. 

1. Seseorang harus memiliki pemahaman agama yang benar dan ramah. Mendudukan agama sebagai basis pengembangan keilmuan, sebagai basis pengembangan kehidupan masyarakat dan ssebagai basis pengembangan akhlakul karimah serta dalam pengembangan budaya dan peradaban.

2. Harus menguasai bagaimana pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

3.  Harus memahami betul akhlakul karimah

4. SDM unggul

5. Harus punya satu sinergitas yang memadai satu sama lain atau jaringan networking yang luas. 

6. Dan yang terakhir, harus menguasai teknologi informasi.

"Itulah kunci sukses. Apa yang saya sampaikan, semoga bisa menjadi bekal untuk kita semua, dan khususnya para generasi penerus menjadi generasi penerus yang unggul," pungkasnya.

Topik
Rektor Unismaprof maskuriKampus UnismaBonus Demografi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru