Watermelon Skin Noodles, Antar Mahasiswa UIN Malang Sabet Medali kompetisi IPITex 2021

May 13, 2021 16:45
Tim yang membuat watermelon Skin Noodles(Ist)
Tim yang membuat watermelon Skin Noodles(Ist)

MALANGTIMES - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, meraih dua medali Bronze Awards pada kompetisi Wintex International Inventors 2020 dan pada kompetisi IPITex 2021. Raihan medali itu diperoleh melalui produk buatan mahasiswa UIN Maliki Malang, yakni Watermelon Skin Noodles( Waterline) atau mie kulit semangka.

Dalam kompetisi IPITex 2021 tersebut, tiga mahasiswa UIN Maliki Malang, yakni Marisa Nur Khoviba, Bunga Salma dan Risna Afiatur Rosyida berduet dengan dua mahasiswa dari Universitas Brawijaya (UB), yakni Kristiani Virgi Kusuma Putri dan Aminatur Rokhiyah. Pengumuman Raihan medali itu, disampaikan National Research Council Of Thailand pada tanggal 30 april 2021.

Dijelaskan Risna Afiatur Rosyidah, Waterline as An Alternative Antioxidant Instant Noodle Products, yaitu produk mie instan yang terbuat dari kulit semangka dan mengandung banyak antioksidan yang baik bagi tubuh. Waterline berbahan dasar kulit semangka, ditambah dengan tepung terigu, tepung tapioka, air, garam dapur, dan telur.

Latar pemilihan produk mie sebagai hasil karyanya, karena mie merupakan salah satu makanan yang paling digemari masyarakat. Namun sayangnya mie yang beredaran kini, kurang memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, dirinya bersam tim berinovasi bagaimana memuaskan masyarakat dengan tetap bisa mengkonsumsi mie yang juga memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk kesehatan.

"Mie ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan sehingga dapat menetralisir radikal bebas. Harapannya, mie instan antioksidan ini yaitu menjadi salah satu hasil diversifikasi pangan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, yakni melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang memiliki efek negatif bagi tubuh," bebernya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika antioksidan bagi tubuh mampu menetralisit radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh. antioksidan dapat memberi perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif, kanker, serangan jantung, osteoporosis, dan juga diabetes.

"Kulit semangka yang menjadi bahan memiliki berbagai jenis antioksidan seperti flavonoid, likopen, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dab senyawa fenol,"pungkasnya.

Topik
UIN Maliki Malangkebijakan berangkat hajiUIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru