Deretan Makanan Sehat yang Bagus Dikonsumsi Saat Pandemi, Simak Penjelasan Ahlinya!

May 13, 2021 15:45
Ilustrasi pola makanan sehat (Ist)
Ilustrasi pola makanan sehat (Ist)

MALANGTIMES - Pola makan yang sehat mempunyai peranan penting bagi sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Dengan begitu, akan semakin memperkuat kekebalan tubuh dari serangan virus, terlebih lagi disaat masa pandemi saat ini. Konsumsi makanan sehat, tentunya sangat dibutuhkan dalam pemenuhan gizi guna menjaga kekebalan tubuh. 

Lalu seperti apakah konsumsi makanan yang sehat dan baik selama pandemi Covid-19? Terutama untuk tetap membantu menjaga kekebalan tubuh?. Mari simak informasinya dari Bagian Tata Boga Instalasi Gizi Rumah Sakit Islam Universitas Islam Malang (RSI Unisma) berikut ini.

Lisa Mardianti, Bagian Tata Boga Instalasi Gizi RSI Unisma menjelaskan, jika selama pandemi Covid-19, pemenuhan gizi  haruslah seimbang, baik itu protein maupun vitamin yang memperkuat daya tahan tubuh.

"Yang jelas harus seimbang. Sayur, buah, konsumsi air putih dan makanan tambahan lain," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan mengenai pola makan dan makanan sehat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Makanan yang dikonsumsi tentunya tak bisa sembarangan dan terdapat hal-hal yang itu harus dibatasi dan bahkan dihindari. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan itu.

1. Jaga Asupan Buah dan Sayuran Dalam Kondisi Segar

Konsumsi buah dan sayuran dalam keadaan segar, tentunya menjadi hal yang bagus untuk tubuh. Kandungan gizi yang masih optimal akan memenuhi kebutuhan gizi tubuh dengan bagus. Sehingga, sebisa mungkin sediakan bahan segar untuk memasak guna pemenuhan gizi yang optimal.

2. Manfaatkan Bahan Pangan Kaleng dengan Bijaksana

Saat tidak tersedia bahan pangan segar, sebagai alternatif bisa menggunakan bahan pangan beku atau kaleng. Namun bukan sembarang makanan kaleng. Pilihlah makanan kaleng seperti sarden, makerel dan salmon yang memang kaya akan protein, vitamin, mineral dan asam lemak omega 3. Selain itu, pilihan makanan kacang-kacangan Seperi kacang hijau, jagung bisa menjadi pilihan lantaran daya simpannya  yang lama.

3. Sediakan Camilan Sehat 

Anak-anak umumnya mengudap satu atau dua kali sehari agar tetap bertenaga. Namun kudapan tersebut akan lebih baik lagi dengan diganti dengan makanan yang sehat. Bisa seperti kacang, yogurt, keju, telur rebus dan yang lainnya. Pilihan-pilihan ini lebih bergizi dan lebih mengenyangkan serta membantu membangun kebiasaan makan sehat sejak kecil.

4. Batasi Konsumsi Pangan Olahan

Saat berbelanja, perhatikan label kadungan nutrisi. Batasi konsumsi makanan siap saji yang mengandung lemak jenuh, gula, dan garam. Selain itu, usahakan untuk minum air putih dan hindari minuman berpemanis. Jika ingin memberikan rasa pada minuman, maka bisa ditambahkan campurkan buah atau sayur seperti lemon, jeruk nipis, irisan timun, atau buah lainnya. 

Ditambahkan Lisa, bukan hanya dengan makanan sehat atau pola makan sehat saja. Pemenuhan gizi yang seimbang, juga harus dibarengi dengan kegiatan fisik seperti olahraga. Beragam manfaat olahraga yang bisa diperoleh, mulai dari memelihara fungsi organ hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. 

"Harus diimbangi dengan olah raga juga, itu penting,"pungkasnya.

Topik
makanan sehatmakanan siap sajipola makan sehatmahasiswa UIN Maliki Malangpola hidup sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru