Keren, Mahasiswa ini Ubah Limbah Panas Cair Pabrik Gula Menjadi Energi Listrik

May 13, 2021 14:45
Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB), yakni Rizki Chandra Maulana, Anima Rahmatika P, Charis Maulana, Abdul Mudjib Sulaiman, Ihza Aulia R yang mencatatkan prestasi ditingkat internasional dengan raihan tiga medali emas (Ist)
Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB), yakni Rizki Chandra Maulana, Anima Rahmatika P, Charis Maulana, Abdul Mudjib Sulaiman, Ihza Aulia R yang mencatatkan prestasi ditingkat internasional dengan raihan tiga medali emas (Ist)

MALANGTIMES - Lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB), yakni Rizki Chandra Maulana, Anima Rahmatika P, Charis Maulana, Abdul Mudjib Sulaiman, Ihza Aulia R mencatatkan prestasi ditingkat internasional dengan raihan tiga medali emas. Raihan medali emas tersebut diperoleh dari ajang young invention Scientific Fair 2021. 

Raihan tiga medali emas tersebut diboyong melalui karya ilmiah Rotation yang memanfaatkan limbah panas cair dari pabrik gula diubah menjadi energi listrik dan air bersih. Digarapnya karya ilmiah tersebut, bermula dari penanganan limbah yang kurang maksimal.

Selama ini, limbah ditampung dalam kolam yang kemudian di tunggu hingga air yang sebelumnya panas menjadi dingin. Padahal, panas tersebut berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi sebuah energi alternatif

"Jadi limbah dikonversi, energi dari panas dijadikan listrik. Limbahnya diambil dari PG Krebet Bululawang," terang Ihza Aulia R, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam projek penelitian energi alternatif tersebut.

Namun, inovasi alat yang bisa mengkonversi energi panas menjadi listrik ini masih dalam skala lab atau prototype. Sehingga, bilamana akan diaplikasikan dalam industri skala besar, masih diperlukan pengembangan sampai memenuhi tingkat kesiapan teknologi level 9. 

"Kalau saat ini masih di level 4," terangnya.

Saat ini, proses pengembangan terus dilakukan dirinya bersama tim. Adanya pandemi Covid-19 juga turut menjadi kendala dalam kodinasi.

Sementara itu, dalam proses uji coba, memerlukan waktu kurang lebih satu jam, untuk limbah masuk kedalam alat hingga dingin.  Suhu limbah cair yang dihasilkan bisa mencapai 100 derajat Celcius. 

"Bisa menghasilkan energi listrik 900 Watt hour. Saat ini kami juga mendaftarkan hak cipta dan paten. Saat ini masih dalam tahap pemeriksaan substantif," pungkasnya.

Topik
LimbahPabrik GulaEnergi Alternatifenergi panas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru