Proses Lelang Tender Usai, Pembangunan MCC Selangkah Lagi Bakal Direalisasikan

May 15, 2021 06:12
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso. (foto: Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso. (foto: Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).

MALANGTIMES - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk membangun Malang Creative Centre (MCC) tinggal selangkah lagi. Pasalnya tender belanja kontruksi telah usai dan telah didapati pemenangnya.

Pemenang tender belanja konstruksi yakni dari PT Tiara Multi Teknik, dengan harga penawaran jasa konstruksi senilai Rp 96,3 Miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Hadi Santoso mengatakan, nilai yang tertera saat ini merupakan harga penawaran kontrak. Artinya, nilai pagu tersebut masih belum final.

"Itu kan harga penawaran. Dari kita pagunya adalah Rp 100 Miliar kan. Ini nanti akan bertemu lagi untuk pre-meeting, baru setelah itu tandatangan kontrak," ujarnya.

Ia menjelaskan, nilai pagu anggaran tersebut memang menyesuaikan Detail Enginering Design (DED) dari MCC. Sedangkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) senilai Rp 99,9 Miliar. Hal inilah yang menjadi dasar nilai pekerjaan.

Itu sebabnya, pemenang tender dipilih karena penawaran harga dianggap rasional. Usai tahapan ini, DPUPRPKP Kota Malang akan melakukan penandatanganaan kontrak dengan pemenang tender, lalu pembangunan fisik bakal segera dimulai.

"Setelah itu ya harus dibangun," jelas pria yang akrab disapa Soni tersebut.

Lebih lanjut, Soni menyampaikan, jika gedung MCC tetap dibangun 8 lantai dengan sistem multiyears. Di tahap pertama yang akan dimulai tahun 2021 ini, pembangunan gedung belum menggunakan seluruh anggaran yang ada.

Tahap pertama MCC ini, nilai anggarannya hanya Rp 25 Miliar saja. Sedangkan, untuk sisanya akan dilanjutkan di tahun 2022 mendatang.

"Bangunannya ini kan dibuat multiyears. Tahun ini dan 2022 nanti, setelah selesai semua baru bisa dimanfaatkan seluruhnya. Yang pasti targetnya, hingga akhir tahun nanti progressnya harus sudah 50 persen, itu batas minimalnya," tandasnya.

Untuk diketahui, gedung MCC bakal dibangun di eks gedung PDAM lama di kawasan Jl Achmad Yani. MCC nantinya, akan dijadikan sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif yang memfasilitasi sekitar 100 pelaku ekonomi kreatif asal Kota Malang. 

Topik
Malang Creative Centre (MCC)Pembangunan MCCProyek MCClelang proyek MCC

Berita Lainnya

Berita

Terbaru