Sungai Jalan Ir Soekarno Ditutup Box Culvert, Akan Ada Pembebasan Tanah dan Bangunan di Kota Batu

May 14, 2021 08:13
Saat ini ada dua jalur di Jl Ir Soekarno Kota Batu.(Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Saat ini ada dua jalur di Jl Ir Soekarno Kota Batu.(Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES – Kota Batu mengalami kemacetan  saat weekend atau libur panjang, terutama di jalur utama seperti Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo. Solusi yang bakal dilakukan Pemkot Batu adalah melebarkan jalan dengan menutup sungai.

Penutupan sungai dengan box culvert. Rencananya penutupan sungai  dilakukan tahun 2021 ini.

Penutupan sungai dengan box culvert itu akan dilakukan di Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo, hingga Jalan Pattimura, Kecamatan Batu. Jalan yang akan dilebarkan kurang lebih panjangnya 4 kilometer dengan lebar 24 meter.

“Jika semula hanya 2 jalur saja, nanti akan dibuat 2 jalur lagi sehingga akan menjadi 4 jalur,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu Alfi Nurhidayat.

Karena akan dilebarkan, bakal ada bangunan yang terkena proyek pembangunan. Untuk sementara, sesuai data, ada 9 bangunan yang terkena proyek pelebaran jalan dan yang terkena saluran sebanyak 14 bangunan. “Pembangunan ini akan dilakukan dengan pembebasan sejumlah tanah beserta bangunan,” tambah Alfi. 

Penutupan sungai untuk melebarkan jalan itu karena kapasitas jalan Kota Batu yang terbatas. Sehingga Pemkot Batu mengusulkan solusi tersebut kepada Pemprov Jatim.

Menurut Alfi,  ditutupnya sungai dengan box culvert ini tidak akan mengurangi dimensi, bahkan akan membuat lancar aliran sungai. “Untuk pelebaran jalan ini mulai dengan pelebaran jalan eksisting, menutup sungai untuk menambah jalan,” ujar dia.

Topik
Pelebaran Jalan KOTA BATUMasalah wakafberita kota batuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru