Kadis DLH Kota Malang: Imbauan Tidak Berguna, Jika Kesadaran Masyarakat Buang Sampah Masih Minim

May 12, 2021 03:33
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES- Tingkat kesadaran masyarakat, khususnya di Kota Malang terkait membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Mengingat, masih ada beberapa lokasi di Kota Malang menjadi tempat pembuangan sampah yang bukan pada tempatnya atau ilegal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat-tempat umum.

"Yang jelas DLH setiap saat sudah memberi imbauan kepada masyarakat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Akan tetapi imbauan pemerintah tidak ada gunanya, Jika kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih kurang," ucap Wahyu.

Kemudian, isu adanya CCTV pemantauan untuk para pelanggar yang membuang sampah sembarang itu sangat efektif dalam mencegah pembuangan atau penumpukan sampah liar di Kota Malang. Namun terkait hal itu, Wahyu mengaku tidak adanya pemantauan pembuangan sampah liar melalui CCTV.

"Kalau untuk DLH sendiri, tidak ada CCTV yang ditaruh di setiap lingkungan masyarakat untuk memantau pembuangan sampah liar," ujarnya.

Diketahui, pembuangan sampah liar di Kota Malang masih marak. Salah satunya terjadi di jembatan Pasar Gadang. Dengan adanya pembuangan sampah liar, tentu menyebabkan tatanan lingkungan kebersihan menjadi buruk.

Terkait hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan B3 DLH Kota Malang Heri Sunarko mengaku kebiasaan buruk itu sudah berulang kali dilakukan oleh masyarakat sekitar selama bertahun-tahun.

"Itu sudah berulang kali, kita mengimbau agar tidak melakukan pembuangan sampah liar di situ. Namun tetap saja diulangi lagi kebiasaan itu. Setiap kali ditemukan sampah di situ, ahkirnya kami pun yang membersihkan," ujarnya.

Menurutnya, jika pembuangan sampah liar itu terus menerus dilakukan, perlunya tindak tegas dengan kebijakan yang ada di Perda. 

"Nah ini perlu kerjasama dengan pihak Satpol PP agar melakukan sidak tipiring di situ. Jika perlu diberi sanksi, agar kesadaran masyarakat ikut terbangun," ujarnya.

Topik
DLH Kota MalangWahyu Setiantoimbauan buang sampahLKPJ Wali Kota Blitar Tahun 2020

Berita Lainnya

Berita

Terbaru