Hindari Tumpukan Sampah Berlebih di Hari Raya Idul Fitri 2021, Begini Imbauan DLH Kota Malang 

May 12, 2021 03:24
Foto ilustrasi (dok/Jatim Times)
Foto ilustrasi (dok/Jatim Times)

MALANGTIMES- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021, dimungkinkan tumpukan sampah rumah tangga ataupun industri akan meningkat. Maka dari itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang mengimbau kepada masyarakat, untuk mampu memilih sampah.

Dengan memilah sampah bertujuan untuk mempermudah proses pemungutan sampah di setiap lingkungan masyarakat menuju TPA.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan B3 DLH Kota Malang Heri Sunarko menjelaskan, selain itu tujuan memilah sampah yakni menghindari munculnya bakteri penyakit dan bau tidak sedap akibat tercampurnya sampah basah dan sampah kering.

Kemudian, menghindari material-material berbahaya tercampur. Misalnya, sampah elektronik, obat obatan, zat kimia beracun dan sampah berbahaya lainya. Serta juga mempermudah pengolahan dan daur ulang sampah yang bisa bermanfaat bagi lingkungan.

"Intinya, Replace (mengganti), Reduce (mengurangi), Re-use (memakai), dan Recycle (mendaur ulang)," ujarnya, Rabu (12/5/2021).

Heri juga menjelaskan, proses pengelohan sampah dengan baik mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pertama, pilah sampah sesuai jenisnya (organik atau an organik). Kedua, potong kecil/rajang sampah organik, kumpulkan ke dalam reaktor komposter untuk dijadikan kompos. 

Ketiga, pilah sampah anorganik dan mendaur ulang kemasan kertas/plastik menjadi bahan kerajinan atau dijual. Keempat, pilah dan kumpulkan sampah B3 dalam wadah tersendiri. Kemudian beri kode B3 dengan warna merah serta menghubungi pemerintah setempat untuk mendapat informasi lokasi pembuangan sampah B3.

"Imbauan ini penting bagi kita, karena masih banyak beberapa masyarakat yang masih membuang sampah sembarang dan tidak mengetahui cara mengelolah sampah menjadi sumber rejeki," tandasnya.

 

Topik
DLH Kota MalangSampah Kota Malangcara memilah sampahsampah jadi rejekikesadaran membuang sampah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru