Pemkot Batu Berangkatkan 8 Petani ke Jepang, Coba Tebak untuk Apa?

May 16, 2021 22:16
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu Sugeng Pramono.
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu Sugeng Pramono.

BATUTIMES - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu bakal memberangkatkan petani Kota Batu ke Jepang secara cuma-cuma. Mereka yang dikirim ke negara ke Jepang adalah anak-anak muda di Kota Batu untuk menempuh pendidikan.

“Salah satu program kami adalah memberangkatkan petani ke Jepang. Di sana mereka akan belajar tentang pertanian, akan diberangkatkan 8 orang untuk magang di sana,” ungkap Kepala DPKP Kota Batu, Sugeng Pramono.

Ia menambahkan program itu diberikan salah satunya untuk mendorong para generasi muda untuk bertani. Karena itu beragam program terus digalakkan demi menari para pemuda Kota Batu tergugah untuk melahirkan petani milenial.  

“Ini upaya kami melahirkan petani milenial. Dan memberangkatkan petani ke Jepang ini, program kami yang harus dilakukan pada tahun 2021, ini program prioritas kami,” ucapnya. “Pemerintah pusat juga mendorong para petani muda di Indonesia,” tambah Sugeng.

Survei bakal lebih dahulu dilakukan bersama Balai Besar Penyuluhan Pertanian Ketindan Lawang. Karena mereka nantinya juga akan mendapatkan pendidikan teknologi pertanian. Sebab petani milenial penting dibekali pengetahuan teknologi.

Menurutnya pendidikan pertanian, penting dilakukan mulai dari hulu sampai hilir. “Mengingat saat ini pertanian juga bersandingan dengan teknologi, sehingga sangat penting petani dipelajari,” jelasnya.

Selain memberangkatkan petani ke Jepang, juga terdapat program Taruna Tani yang kini sudah berjalan di delapan desa/kelurahan. Diantaranya, Desa Sumber Brantas, Desa Pandanrejo, Desa Giripurno, Desa Bulukerto, Desa Torongrejo, Desa Pendem, Desa Pesanggrahan dan Kelurahan Dadaprejo.

Topik
Berita BatuPetani Kota Batudinas pertanian dan ketahanan pangan kota batulaporan kekayaanSugeng Pramono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru