2023, Semua Sekolah di Kota Malang Ditargetkan Raih Adiwiyata

May 15, 2021 23:32
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana (doc MalangTIMES)
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana (doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, terus mendorong agar sekolah di Kota Malang yang meraih Adiwiyata semakin banyak. Karena itu, Pemkot Malang melalui Disdikbud sebagai leading sector akan terus melakukan pembinaan.

Dengan pembinaan yang dilakukan nantinya, Disdikbud menargetkan jika pada tahun 2023 seluruh sekolah di Kota Malang 100 persen telah menyandang gelar sebagai sekolah Adiwiyata.

"Kalau sebelumnya, kemarin kan ada sekolah yang meraih Adiwiyata tingkat provinsi 17, kemudian ada 25 sekolah Adiwiyata tingkat kota. Tapi kita belum puas di situ, pembinaan akan dilakukan terus," beber Kepala Disdikbud, Suwarjana.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika setiap tahunnya, Kota Malang sudah pasti menjadi langganan dalam Raihan Adiwiyata. Hal itu juga menjadi komitmen Pemkot Malang untuk terus mendapatkan raihan Adiwiyata tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

"Pembinaan tingkat kota maupun yang sifatnya untuk tingkat provinsi juga dibina di kala mau menuju tingkat nasional," ungkapnya.

Dengan target 100 persen sekolah di Kota Malang yang meraih Adiwiyata itu, Disdikbud Kota Malang melakukan daya dan upaya. Salah satu strategi mencapai target tersebut adalah mewajibkan sekolah yang telah meraih Adiwiyata untuk melakukan pembinaan sekolah yang belum meraih Adiwiyata. 

Sistem sosialisasi dalam satu gugus juga diterapkan untuk mengoptimalkan pembinaan hingga semua sekolah di Kota Malang meraih Adiwiyata. Lebih detail dijelaskannya, jika dalam satu gugus terdapat satu sekolah yang meraih Adiwiyata, maka satu sekolah tersebut harus melakukan pembinaan terhadap lima sampai enam sekolah yang belum Adiwiyata.

Sebelumnya, 42 sekolah jenjang SD, SMP dan SMA sederajat menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi Tahun 2020 maupun Adiwiyata Kota Tahun 2020. Dalam penghargaan tersebut, sebanyak 17 lembaga sekolah menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi dan 25 sekolah menerima Adhiwiyata Kota.

Prosesi penyerahan sertifikat atau piagam penghargaan Adiwiyata Provinsi dan Adiwiyata Kota Tahun 2020 itu, dilakukan langsung oleh Walikota Malang Drs  H Sutiaji dan PJ Sekretaris Daerah Ir Hadi Santoso dan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs Wahyu Setianto MM serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana SE MM.

Topik
jalur mudik jemberSekolah Adiwiyata

Berita Lainnya

Berita

Terbaru