Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Salurkan BST Susulan bagi 1.875 Keluarga melalui Kantor Pos

May 11, 2021 06:00
Salah satu penerima manfaat yang yang mengantre untuk mengambil Bantuan Sosial Tunai. (Foto: Dok. JatimTIMES) 
Salah satu penerima manfaat yang yang mengantre untuk mengambil Bantuan Sosial Tunai. (Foto: Dok. JatimTIMES) 

MALANGTIMES- Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Anak, Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) susulan kedua tahap tiga dan empat kepada 1.875 keluarga penerima manfaat (kpm) yang berlokasi di Kantor Pos Indonesia Kota Malang. 

Penyaluran BST susulan tersebut diperuntukkan bagi keluarga penerima manfaat yang tidak mendapatkan penyaluran BST Reguler. Agenda penyaluran BST susulan kedua ini terselenggara di Kantor Pos Indonesia Kota Malang pada tanggal 4 sampai 5 Mei 2021 lalu. 

Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani mengatakan bahwa untuk Bulan Mei 2021, hanya terdapat penyaluran BST susulan kedua tahap tiga sampai empat. Dimana untuk selanjutnya, Peny mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat terkait penyaluran BST. 

"Bulan Mei 2021 ini hanya ada tahapan penerimaan BST susulan kedua tahap tiga sampai empat. BST selanjutnya belum ada petunjuk lagi dari pusat. Hanya yang lewat di kantor pos itu untuk menyelesaikan yang susulan," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Peny menjelaskan bahwa untuk 1.875 KPM penerima BST susulan di Bulan Mei 2021 ini merupakan BST tahap tiga dan empat yang meliputi Bulan Maret dan April 2021. 

Lanjut Peny bahwa untuk setiap tahapnya, masing-masing KPM mendapatkan uang sebesar Rp 300 ribu. Jadi pada penyaluran BST susulan di Bulan Mei 2021 ini masing-masing KPM mendapatkan Rp 600 ribu karena dua tahap dijadikan satu.  

Sementara itu, Wakil Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Malang Mochamad Budiono mengatakan bahwa kegiatan penyaluran BST susulan di Bulan Mei 2021 ini telah menerapkan protokol kesehatan yakni dengan membagi dua sesi penyaluran yang berbasis wilayah kecamatan. 

"Pada hari Selasa (4/5/2021) untuk KPM dari Kecamatan Blimbing sejak pukul 07.30 WIB - 10.00 WIB dan Kecamatan Sukun pada pukul 11.00 WIB - 15.00 WIB," 

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Klojen, Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Kedungkandang disalurkan pada hari Rabu (5/5/2021) yang masing-masing berbeda jam pengambilannya. 

"Kecamatan Klojen pada pukul 07.30 WIB - 10.30 WIB. Lalu Kecamatan Lowokwaru pukul 10.30 WIB -13.30 WIB dan Kecamatan Kedungkandang mulai pukul 13.30 WIB - 15.00 WIB," terangnya. 

Lebih lanjut Budiono menyampaikan bahwa diterapkannya dua sesi pengambilan BST susulan tersebut untuk mengurangi adanya kerumunan massa. Hal itu sebagai upaya mentaati penerapan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. 

"Ada pembagian waktu tiap jam bagi tiap kecamatannya. Kami juga membagi waktu pengambilan bagi setiap kelurahan, agar datanya juga tidak bersamaan. Selain itu agar masyarakat tidak berkerumun," pungkasnya.

Topik
Berita MalangDinsos Kota MalangPeny Indrianimochamad budiono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru