Pelebaran Jalan Ir Soekarno, Ada 38 Bangunan Bakal Dibebaskan

May 15, 2021 22:54
Saat ini Jl Ir Soekarno Kota Batu ada dua jalur. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Saat ini Jl Ir Soekarno Kota Batu ada dua jalur. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

BATUTIMES – Tahun 2021 ini diperkirakan pelebaran Jalan Ir Soekarno, Kecamatan Junrejo bakal dilaksanakan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi khususnya saat weekend dan libur panjang. Rencananya pelebaran ini akan dibagi menjadi lima tahapan dengan pembebasan lahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kota Batu, Alfi Nurhidayat merinci, untuk tahapan 1 kilometer 11, tahap 2 kilometer 12, tahap 3 kilometer 13, tahap 4 kilometer 14 dan tahap lima pada kilometer 16.

“Pelebaran ini akan dilaksanakan oleh Pemprov Jatim, Pemkot Batu hanya pengusul. Dengan anggaran Rp 27 miliar merupakan proyek strategis nasional dengan dua proyek besar lainnya,” ucapnya. 

Pelebaran yang dilakukan dengan menutup sungai dengan box culvert itu bakal dilakukan dengan pembebasan lahan. Yakni tahap pertama tidak perlu melakukan pembebasan bangunan.  

Tahap ke-dua ada 18 bangunan yang direlokasi. Yakni 9 bangunan lantaran terkena bahu jalan dan 9 bangunan terkena relokasi saluran.

Pada tahap ke-tiga ada 2 bangunan yang terkena bangunan dan 7 bangunan ini terkena relokasi saluran. Jadi tahap tiga sejumlah 9 bangunan dibebaskan.

Selanjutnya tahap ke-empat tidak ada bangunan yang terdampak pelebaran jalan. Dan tahap ke-lima terdapat 9 bangunan yang terkena bahu jalan dan 2 bangunan terkena relokasi saluran. Dengan demikian terdapat 11 bangunan yang akan dibebaskan.

Sementara itu pelebaran jalan sepanjang 4 kilometer. Yang semula hanya 2 jalur bakal dibuat menjadi 4 jalur. Dengan adanya solusi tersebut diharapkan mampu mengurai kemacetan yang menjadi permasalahan dalam beberapa tahun terakhir.

Topik
proyek pembangunan jalanpembangunan jalan kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru