Pemkot Batu Bakal Lengkapi Internet Gratis di Lima Titik

May 10, 2021 20:49
Taman Kenanga Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Taman Kenanga Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu bersiap melengkapi fasilitas ruang publik. Rencananya fasilitas yang diberikan adalah jaringan internet gratis.

Internet gratis itu akan bakal dipasang di lima ruang publik. Yakni di Taman Kenanga, Balai Desa Kelurahan Temas, Rest Area Sidomulyo, Hutan Kota Bondas, dan Alun-Alun Kota Batu. 

“Saat ini kami sedang menggarap penyediaan jaringan fiber optik ke lima tempat yang nantinya ada jaringan internet gratisnya,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Batu Ony Ardianto.

“Untuk saat ini masih progres pemasangan kabel internet yang ditarik langsung dari balai kota. Bentangan kabel ini sampai 10 kilometer dengan menggunakan kabel darat,” tambahnya. 

Pusat jaringan internet ini berada di Balai Kota Among Tani. Akses kecepatan internetnya bisa mencapai 10 Mbps dengan jumlah user masih terbatas sekitar 50 orang.

Ke depan Diskominfo akan memaksimalkan kecepatan internet dan jumlah user. Rencananya akan ditambah hingga 200 orang dengan anggaran sejumlah Rp 100 juta. 

Menurut Ony,  fasilitas internet gratis bertujuan memudahkan masyarakat yang membutuhkan jaringan secara gratis di tempat umum. “Jaringan internet gratis ini diberikan secara cuma-cuma untuk memanjakan masyarakat,” tutup Ony.

 

Topik
kuota internet gratisKota BatuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru