Stok Darah di Kabupaten Malang Aman hingga Lebaran, Tersedia 318 Kantong

May 11, 2021 03:00
Ilustrasi stok darah (foto: istimewa)
Ilustrasi stok darah (foto: istimewa)


MALANGTIMES - Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang masih cukup hingga libur lebaran usai. 

Kepala UTD PMI Kabupaten Malang, dr Marhaendra mengatakan bahwa sejak pandemi covid-19 memang stok darah cukup sulit karena kebutuhan juga cukup banyak. Namun saat ini stok darah di Kabupaten Malang dikatakan masih cukup untuk persediaan hingga selepas lebaran.

“Alhamdulillah kendala sejak pandemi memang ada tapi, sekarang sudah bisa diatasi dengan cara tertentu seperti donor pengganti. Kalau ada yang ambil darah ya harus diusahakan ada donor penggantinya. Alhamdulillah stok darah masih aman, jadi enggak kekurangan,” kata Marhaendra.

Namun Marhaendra juga tidak menutup mata jika ada kejadian luar biasa di Kabupaten Malang. “Insya Allah kalau tidak ada kejadian luar biasa ya masih cukup,” ucap Marhaendra.

Disinggung mengenai pendonor konvalesen, Marhaendra mengaku bahwa pihaknya saat ini masih merencanakan hal tersebut. Pasalnya, pihaknya hanya bisa menentukan antibodi bagi penyintas.

“Kami masih merencanakan ada, tapi kan memang belum ya, masih menentukan antibodi saja, misalkan habis vaksin lalu antibodi nya berapa itu bisa, tapi tidak untuk umum itu, karena tidak disarankan seperti itu,” ungkap dia.

Seperti diketahui dari data yang diterima MalangTIMES dari UTD PMI Kabupaten Malang, saat ini tersedia total 318 kantong dari semua jenis darah, mulai dari A, B, O hingga AB.

Topik
PMI Kabupaten Malangstok darahmarhaendra

Berita Lainnya

Berita

Terbaru