BMKG Karangkates dan Kemenag Akan Lakukan Pemantauan Hilal Lebaran di 2 Titik Ini

May 10, 2021 11:55
Proses Pengamatan Hilal (Foto: ANTARA)
Proses Pengamatan Hilal (Foto: ANTARA)

MALANGTIMES - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates Malang akan melakukan pemantauan hilal penentu awal bulan Syawal 1442 Hijriyah yang sekaligus penentu jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Pemantauan hilal ini akan berlangsung dua hari di dua titik yang berbeda, yakni Selasa (11/5/2021) di Menara Pantau Pantai Ngliyep dan Rabu (12/5/2021) di Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang berlokasi di Kepanjen.

Kepala BMKG Karangkates Malang, Ma’muri menjelaskan jika BMKG akan melakukan proses pemantauan hilal bersama dengan perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) dan juga Tim Rukhyatu Hilal Pemkab Malang.

"BMKG akan melakukan pengamatan hilal dua kali. Yang pertama akan dilakukan di Pantai Ngliyep bersama dengan Kementerian Agama dan Tim Hisab Rukyat Kabupaten Malang. Dan yang kedua BMKG akan melakukan pengamatan hilal secara mandiri di Gedung Pemda Kabupate Malang," ungkapnya saat dihubungi MalangTIMES, Senin (10/5/2021).

Ma'muri juga menambahkan alasan pengamatan hilal tersebut dilakukan dua kali karena ada ketentuan titik hilal yang berada di bawah ufuk dari hasil metode hisab. 

"Kenapa BMKG melakukan pengamatan dua kali, yang pertama di tanggal 11 memang secara kalender Qomariyah memang 29 Ramadan. Artinya tiap tanggal 29 kalender Hijriyah dilakukan hisab dan rukyat," tuturnya.

Namun, Ma'muri juga menambahkan setelah melihat data hasil hisab diperoleh bahwa tinggi hilal masih berada di minus 4 yang artinya berada di bawah ufuk. Oleh karenanya sesuai ketentuan perhitungan tersebut, bulan Ramadan digenapkan menjadi 30 hari.

"Tanggal 11 itu tinggi hilal masih minus 4 artinya di bawah ufuk, sehingga bulan Ramadan digenapkan menjadi 30 hari. Nah, untuk tanggal 12 nya nanti, BMKG melakukan pengamatan sesuai tugas dan fungsinya yaitu pengecekan hilal apakah hasil hisab dan pengamatan sesuai," imbuhnya.

Topik
rukhyatu hilal pemkab malangBMKG KarangkatesKemenaglokasi hilal kabupaten malangnasi bungkus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru