5 PMI Kota Batu Mudik, Ini Hasil Tes Swabnya

May 09, 2021 20:44
Beberapa OPD saat menjemput pekerja migran. (Foto: istimewa)
Beberapa OPD saat menjemput pekerja migran. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Di tengah pandemi Covid-19 Pemkot Batu memfasilitasi kepulangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Kota Batu. Kurang lebih terdapat 5 PMI asal Kota Batu pulang kampung.

Namun mereka bisa sampai di rumah setelah mengikuti beberapa ketentuan yang menyatakan bebas dari Covid-19. Mulai dari isolasi terlebih dahulu di Asrama Haji Sukolilo. Kemudian petugas melakukan swab kepada pekerja migran di sana. Swab dilakukan lantaran mereka dari lintas negara sehingga harus dipastikan bebas dari Covid-19.

Setelah hasil swab keluar dan dinyatakan negatif, baru dilakukan penjemputan oleh Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP-TK.

“Para pekerja migran ini sehat. Tapi mereka tidak bisa kumpul keluarga dulu karena diisolasi sampai hasilnya swab dinyatakan negatif, kalau sudah negatif baru bisa kumpul keluarga,” kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

“Pemkot Batu memfasilitasi kepulangan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sedang sejak 2020-2021 data dari DPMPTSP-TK Kota Batu, mencatat ada 24 PMI asal Kota Batu. Sebagian besar bekerja di Hong Kong.

 

Topik
Pekerja Migran Indonesia (PMI)PMI Kota BatuKisah Muslimah PejuangWalikota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru