100 Ribu Dosis Vaksin Astrazeneca Siap Disuntikkan untuk Pelayan Publik dan Lansia Kota Malang

May 09, 2021 20:25
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif saat ditemui MalangTIMES.com di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Kota Malang, Kamis (6/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif saat ditemui MalangTIMES.com di Pos Pengamanan Exit Tol Madyopuro Kota Malang, Kamis (6/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Kabar menggembirakan datang untuk para pelayan publik dan para warga lanjut usia (lansia) Kota Malang. Pasalnya, 100 ribu dosis vaksin Astrazeneca telah sampai di Kota Malang dan telah ditempatkan pada tempat yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang

"Sudah datang 100 ribu dosis Vaksin Astrazeneca. Sudah datang sekitar hari Jumat (7/5/2021). Digunakan untuk melanjutkan tahap dua, jadi diselesaikan yang belum di pelayanan publik sama lansia (lanjut usia, red)," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif kepada MalangTIMES.com melalui saluran telepon, Minggu (9/5/2021). 

Dokter yang akrab disapa Husnul ini tidak menjelaskan detail terkait sisa para pelayan publik dan warga lansia yang belum tervaksin. Namun pihaknya menyebutkan bahwa 100 ribu dosis vaksin astrazeneca akan digunakan untuk menuntaskan program vaksinasi tahap dua yang menyasar pelayan publik dan warga lansia. 

"Untuk datanya belum kita lihat. Tapi mudah-mudahan dengan 100 ribu dosis vaksin astrazeneca, vaksinasi tahap dua sudah selesai. Diusahakan tahap dua selesai di 100 ribu dosis itu," tuturnya. 

Untuk saat ini dikatakan Husnul bahwa 100 ribu dosis vaksin astrazeneca tersebut telah berada dan disimpan di tempat khusus yang berada di Dinas Kesehatan Kota Malang. Hal itu untuk menjaga kualitas dari vaksin tersebut. 

"(Vaksin, red) masih disimpan. Nanti dirapatkan dulu, kemudian distribusi sasarannya InsyaAllah nanti kita rapatkan hari senin. Kemudian bisa mungkin pelaksanaannya pada hari Selasa mungkin," terangnya. 

Dokter yang juga bertindak sebagai Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang ini menyampaikan bahwa pelaksanaan lanjutan vaksinasi tahap dua apakah akan menunggu perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau tidak, pihaknya menuturkan bahwa menunggu keputusan dari rapat yang akan digelar pada hari Senin (10/5/2021). 

"Kita lihat dulu di rapatnya nanti seperti apa, kan lebih cepat lebih baik," katanya. 

Namun, ketika disinggung apakah para vaksinator yang bertindak untuk menyuntikkan vaksin astrazeneca tersebut tidak libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Husnul menjawab bahwa petugas tetap libur tanggal merah. 

"Ya kan kalau hari raya libur sesuai dengan tanggal merah, jadi kita tidak lakukan vaksinasi," terangnya. 

Sementara itu, lanjut Husnul, bahwa nantinya jika vaksinasi tahap dua telah selesai, tidak langsung menjalani proses vaksinasi tahap ketiga. Namun terlebih dahulu menunggu kiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

"(Vaksinasi, red) tahap tiga (dilakukan, red), kalau sudah tahap dua selesai dan vaksinnya sudah dikirim," ujarnya. 

Nantinya vaksinasi tahap ketiga, dikatakan Husnul akan diperuntukkan bagi masyarakat Kota Malang. Karena mulai dari tahap pertama sudah menyasar tenaga kesehatan. Lalu di tahap kedua sudah menyasar ASN, TNI, Polri, Wartawan, Lansia dan pelayan publik lainnya. Maka dari itu di tahap ketiga akan diperuntukkan bagi masyarakat lainnya. 

"(Vaksinasi tahap ketiga, red) untuk masyarakat lainnya. Iya (masyarakat rentan, red). Jadi semua masyarakat nanti itu di tahap tiga. Jadi tahap tiga itu sudah masuk di masyarakat lainnya itu. Karena di tahap dua kan lansia sudah selesai. Yang pelayan publik selesai. Jadi tahap ketiga itu yang masyarakat biasa atau masyarakat lainnya," pungkasnya.

Topik
vaksin astrazenecahasil swab pmi kota batuDinkes Kota Malangvaksinasi kota malangCovid 19 Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru