Masuk Triwulan II 2021, APBD Kota Batu Masih 10 Persen

May 11, 2021 14:00
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso (foto: dok/Jatim Times)
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso (foto: dok/Jatim Times)

BATUTIMES- Memasuki triwulan kedua, serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APDB) Kota Batu 2021 masih rendah, hanya 10 persen. Diketahui, APBD Kota Batu tahun 2021 dialokasikan Rp 1 triliun. Namun, kini masih serapan anggarannya masih Rp 103 miliar.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, hal itu karena ada kebijakan baru dan perlu penyesuaian. Penyesuaian kebijakan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, masih menjadi kendala utama.

"Kebijakan yang ditetapkan pada 2 Februari 2021 itu, membuat Pemkot Batu untuk berupaya keras menyesuaikan diri dalam menyusun kegiatan pengadaan barang dan jasa. Jadi kami perlu penyesuaian agar bisa maksimal," ujarnya.

Akan tetapi, Punjul pun optimistis serapan anggaran belanja daerah Kota Batu 2021 dapat terus meningkat. Sehingga pada triwulan keempat, target serapan anggaran Kota Batu 2021 dapat realisasi sesuai rencana. "Kami tetap optimis di triwulan ini, serapan anggarannya akan terus meningkat dan triwulan selanjutnya semoga semakin tinggi," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh OPD Kota Batu untuk dapat segera dapat menyesuaikan diri terhadap kebijakan yang ada. "Ya agar dapat memaksimalkan serapan anggaran belanja daerah Kota Batu 2021 sesuai target," ujarnya.

Topik
Punjul Santosoalun alun kedungkandang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru