Daripada Ketangkap Polisi, BNN Kota Malang Minta Pengguna Ngaku dan Lapor ke BNN

May 11, 2021 12:05
Kepala BNN Kota Malang, AKBP Agus Irianto saat memberikan penyuluhan di DPUPRPKP (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala BNN Kota Malang, AKBP Agus Irianto saat memberikan penyuluhan di DPUPRPKP (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang mengimbau kepada para pecandu narkoba atau pemakai narkoba untuk terlebih dulu mengaku dan melapor kepada pihak BNN. Sebab, penanganan akan berbeda ketika nantinya mereka para pecandu atau pengguna narkoba tertangkap oleh pihak berwajib terlebih dulu.

Hal itu dijelaskan Kepala BNN Kota Malang, AKBP Agus Irianto saat memberikan penyuluhan dan melakukan tes urine kepada para pegawai Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) beberapa waktu lalu. "Kalau ketangkap polisi, pasti hari itu juga dipenjara. Tapi kalau ketemu BNN beda, kita bisa memberikan opsi rehabilitasi," jelasnya.

Karena itu, pihaknya menegaskan bagi masyarakat yang memang mempunyai saudara atau pun teman yang menjadi pengguna narkoba, diharapkan untuk diimbau agar melaporkan diri ke BNN untuk rehabilitasi. "Bisa lapor dagang langsung atau melalui telepon dan nanti akan segera ditindaklanjuti," bebernya.

Pihaknya juga mengimbau agar mereka tak perlu takut untuk melaporkan diri. Sebab, hal ini juga untuk kebaikan mereka sendiri agar terbebas dari ketergantungan jerat narkoba. "Sebelum terlanjur ketangkap sebagai pengguna, lebih baik bilang ke kami (BNN). Ngaku pak saya menggunakan, pak saya memakai, nanti akan saya berikan rehabilitasi," paparnya.

Sementara itu, selama masa-masa pandemi Covid-19, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati. Sebab, peredaran narkoba selama masa pandemi, tidak berhenti begitu saja. "Masih saja tetap ada. Tapi untuk memutuskan ini, salah satunya dengan gencar penyuluhan. Telah banyak korban, mulai dari artis, atlet, pejabat dan yang lainnya,"pungkasnya.

Topik
BNN Kota MalangAgus IriantoPecandu Narkoba

Berita Lainnya

Berita

Terbaru