New Macyto Ditarget Beroperasi Kembali di Akhir Tahun Ini, 2022 Pengajuan Armada Baru

May 11, 2021 11:30
Bus Malang City Tour (Macyto) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source Instagram).
Bus Malang City Tour (Macyto) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source Instagram).

MALANGTIMES - Setelah memulai proses yang cukup panjang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal segera merealisasikan pengoperasian bus Malang City Tour (Macyto) di akhir tahun 2021 mendatang.

Bus yang direbranding namanya menjadi New Macyto ini akan siap mengajak wisatawan melenggang ke jalanan berkeliling Kota Malang.

Nantinya, wisatawan lokal atau pun luar daerah yang ingin menikmati keliling Kota Malang dengan transportasi ikonik berwarna hijau ini, akan disambut dengan model bus yang berbeda.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota MalangHeru Mulyono mengatakan, proses Detail Enginering Desain (DED) telah digarap dan siap masuk ke tahapan lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkot Malang.

Ia menjelaskan, yang bakal dioperasionalkan di akhir tahun ini merupakan Macyto yang lama dengan desain baru. Hal ini dilakukan, lantaran bus wisata ini memiliki nilai historis yang menjadikan salah satu barang ikonik Kota Malang. "Saat ini kita upgrade dulu bus yang lama, karena ada nilai history-nya ya. Target akhir tahun nanti siap lah, uji coba dengan bentuk baru," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya mengakui jika pengadaan bus baru lebih mudah. Karenanya, jika 2 unit New Macyto nantinya sukses beroperasi kembali, di tahun 2022 mendatang bakal direncanakan untuk menambah armada baru. "Kalau 2 (unit New Macyto) ini selesai, tahun depan kita akan usulkan yang baru," imbuhnya.

Lebih jauh, Heru menyampaikan, anggaran untuk upgrading 2 unit Bus Macyto lama menjadi New Macyto ini belum diketahui secara pasti. Ia memperkirakan sekitar Rp 1 Miliar.

Konsepnya sendiri, dikatakan Heru, disesuaikan dengan atura Dirjen Perhubungan Darat. Yang pasti, spesifikasi keamanannya juga memenuhi Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Dimungkinkan, bus yang sebelumnya berlantai 2 ini, bagian atasnya akan direndahkan. Di mana, bak terbuka untuk wisatawan bisa melihat sekeliling Kota Malang masih akan diberikan sebagai fitur New Macyto yang baru.

Dengan bentuk baru tersebut, dipastikan New Macyto tidak akan membahayakan karena saat beroperasi tidak lagi mepet dengan kabel yang menjalar dan juga ranting pohon.

Sementara itu, terkait dengan kerangka 2 unit Bus Macyto lama, agar tak terbuang percuma, Dishub Kota Malang berencana menaruhnya di Terminal Madyopuro, Kota Malang.

Nantinya, kerangka tersebut bakal dijadikan sebagai dummy. Sehingga, masyarakat bisa memanfaatkan untuk sekedar selfie atau pun nantinya direncanakan untuk cafe bertajuk Cafe Macyto. "Body yang lama nanti sementara akan ditempatkan di terminal Madyopuro. Biar nggak hilang, bisa untuk selfie-selfie, cafe juga siapa tahu nanti," tandasnya.

Topik
Berita MalangBus Malang City Tourlayanan pengantarantarget satu fraksiDishub Kota Malangheru mulyono

Berita Lainnya

Berita

Terbaru