Indahnya Quba, Masjid Pertama yang Didirikan Rasulullah

May 16, 2021 08:18
Masjid Quba. (Foto: iStock).
Masjid Quba. (Foto: iStock).

INDONESIATIMES - Bagi kalian yang sudah pernah melakukan perjalanan ibadah haji atau umrah, tentu sudah tak asing lagi dengan masjidil haram dan masjid nabawi.

Kedua masjid ini menjadi destinasi wajib bagi mereka dalam menjalankan ibadah. Tapi, selain keduanya, ada satu masjid yang sangat indah. Yakni Quba, masjid pertama yang didirikan Rasullullah SAW dan juga disinggahinya. Dibangun, tepatnya pada 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi.

Dibalik cerita masjid ini, saat proses pembangunan, nabi juga terlibat. Ia membawa bahan-bahan bangunan, bahkan badannya dipenuhi debu dan pasir.

Seiring dengan perkembangannya, kini luas masjid Quba mencapai 5.860 meter persegi dan berdaya tampung hingga 20 ribu jemaah.

Adapun, fasilitas di masjid Quba ini memiliki 7 pintu masuk utama dan 12 pintu masuk tambahan. Kemudian, terdapat pula 4 menara, 56 kubah kecil berdiameter 6 meter, perpustakaan hingga pusat pemasaran.

Menurut salah satu riwayat, Rasulullah SAW rutin mengunjungi masjid Quba setiap hari Sabtu. Bahkan, selain dengan menunggangi kuda, terkadang ia berkunjung dengan berjalan kaki.

Topik
Sinopsis Ikatan Cinta Senin 3 Mei 2021,fasilitas masjid qubaamalan sunnah saat idul fitri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru