Amalan Sunah Sebelum Salat Idul Fitri, Tambah Pahala di Hari nan Fitri

May 12, 2021 19:00
Amalan Sunah Sebelum Salat Idul Fitri (Dok. Pexels Vjapratama)
Amalan Sunah Sebelum Salat Idul Fitri (Dok. Pexels Vjapratama)

MALANGTIMES - Hari Raya Idul Fitri yang jatuh besok tentu merupakan hari besar perayaan umat muslim di seluruh dunia.

Di hari itu seluruh umat muslim dunia akan kembali fitrah atau suci seperti bayi yang baru lahir tanpa memiliki dosa. Untuk itu, sebelum memulai salat sunah Idul Fitri alangkah bagusnya menerapkan amalan sunah yang baik untuk permulaan yang bagus.

Salat Idul Fitri merupakan salat sunah yang dikerjakan di hari pertama jatuhnya bulan Syawal. Setiap muslim, baik laki-laki atau pun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, sedang di kediaman atau sedang bepergian (musafir) disunahkan untuk melaksanakan Salat Idul Fitri.

Rasulullah Muhammad SAW mencontohkan beberapa amalan sunah dalam menyambut Idul Fitri. Beberapa amalan sunah ini dilakukan sebelum pelaksanaan salat sampai setelah salat Idul Fitri.

Mengutip dari Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020, berikut ini adalah beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan saat sebelum dan sesudah salat Idul Fitri.

1. Mandi dan Memotong Kuku

Disunahkan untuk mandi sebelum berangkat menunaikan salat Idul Fitri. Karena dengan mandi bisa membersihkan diri dari berbagai hadas.

Kemudian disunahkan pula untuk memotong kuku sebelum berangkat salat Idul Fitri. Adapun berikut ini niat yang bisa dibaca sebelum mandi:

نَوَيْتُ غُسْلَ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

(NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI 'IIEDIL FITHRI SUNNATAN LILLAAHI TA'ALAA)

Artinya : “Aku niat mandi Idul fitri, sunnah karena Allah”.

2. Pakai Pakaian Terbaik dan Memakai Wangi-wangian

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis riwayat (HR) Hakim yang berbunyi: “Rasulullah SAW memerintahkan kami agar pada hari raya mengenakan pakaian terbaik, memakai wangi-wangian terbaik,” (HR Hakim).

Maka sebelum menunaikan ibadah salat Idul Fitri disunahkan untuk mengenakan pakaian terbaik dan memakai wangi-wangian. Pakaian terbaik di sini bukan berarti harus baru, tapi pakaian yang bersih dari kotoran dan layak untuk dipakai.

3. Makan Terlebih Dahulu

Dalam hadist riwayat (HR) Malik bin Anas, menjelaskan bahwa Nabi Muhammad S.A.W, sebelum berangkat salat Idul Fitri memakan beberapa biji buah kurma. Disunahkan pula jumlah kurma yang dimakan dalam hitungan ganjil, bisa satu atau tiga butir dan seterusnya. Asalkan tidak berlebihan.

4. Mengumandangkan Kalimat Takbir Hingga Menjelang Salat

Seperti firman Allah dalam Quran Surah (QS) al-Baqarah ayat 185:

"...dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan shaum serta bertakbir (mengagungkan) Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukuran,".

5. Melewati Jalan yang Berbeda Saat Pulang dan Pergi Salat

Saat berangkat menuju masjid, Nabi Muhammad S.A.W mengambil jalan berbeda untuk rute pulang dan pergi setelah selesai salat Idul Fitri. Sebagaimana dalam HR Abu Dawud:

"Sesungguhnya Nabi SAW pernah pergi melaksanakan salat Ied dengan mengambil satu jalan dan kembalinya mengambil jalan yang lainnya," (HR Abu Dawud).

Nah, itu tadi beberapa sunah yang bisa dilakukan sebelum melaksanakan Salat Idul Fitri. Dengan beberapa sunah tersebut, diharapkan dapat memberikan ketenangan jiwa dan pahala di hari nan fitri.

Topik
amalan sunahsunah sebelum dan sesudah salat iedse mendagriFatwa MUINabi Muhammad SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru