Mengenal Penyakit Meningitis, Bahaya bagi Segala Umur

May 14, 2021 12:17
Ilustrasi. (Foto: iStock)
Ilustrasi. (Foto: iStock)

MALANGTIMES - Dunia saat ini memang tengah menghadapi kasus covid-19. Kasus yang bermula di Wuhan, China, pada 2019 lalu ini seakan menjadikan setiap orang begitu memaknainya dengan hal yang mematikan.

Namun, selain covid-19, ada juga jenis penyakit yang juga membahayakan bagi tubuh. Bahkan, bagi segala umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apa itu?

Meningitis disebutnya, atau dikenal juga penyakit radang selaput otak. Penyakit ini menjadi momok buat balita, bahkan dianggap kejam karena tak ada harapan sehat bagi penderitanya.

Dilansir dari berbagai sumber, hampir 50 persen penderita meningitis meninggal dunia. Pun, jika selamat, dia akan mengalami kecacatan atau keterbelakangan.

Bagi penderitanya yang masih hidup, gejala-gejala dari sisa penyakitnya seperti lumpuh, tuli, epilepsi, lamban dan retardasi mental bakal dialami.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, penyakit meningitis adalah suatu peradangan dari selaput-selaput otak (yang disebut meningen), yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis disebabkan oleh berbagai virus, bakteri, ataupun jamur.

"Bagaimana bisa terjadi meningitis, ya sama (dengan covid-19). Karena meningitis juga merupakan suatu penyakit yang menular. Menularnya lewat apa? Sama halnya dengan penyakit virus lainnya, bisa dengan droplet atau percikan ataupun dengan berkontak yang lama dengan penderitanya," ujarnya.

Dikatakan Husnul, apabila kondisi daya tahan tubuh seseorang rendah, bakteri dalam tenggorokan bisa masuk ke dalam tubuh, darah, dan otak sehingga menyebabkan penyakit meningitis. Hal inilah yang sangat rentan terjadi pada bayi dan anak karena daya tahan tubuh mereka yang belum kuat.

Gejala yang ditimbulkan beragam. Dari kategori ringan hingga berat. Yakni, untuk gejala ringam biasanya pada syaraf di kepala seperti nyeri kepala yang sangat kuat. Kemudian, diikuti gejala muntah profus (semburan) hingga pada penurunan kesadaran.

Tapi, umumnya penularan penyakit ini karena bersinggungan dengan orang banyak. "Penyakit ini di semua umur bisa. Tapi lebih banyak terjadi kepada mereka-mereka yang mempunyai aktivitas atau bersinggungan dengan orang banyak," ungkapnya. 

Topik
Penyakit MeningitisPenyakit berbahayaCara berdoa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru