Cara UIN Malang Tanamkan Nasionalisme Mahasiswa Baru

May 12, 2021 10:15
Ilustrasi nasionalisme (lampostdotco)
Ilustrasi nasionalisme (lampostdotco)

MALANGTIMES - Bukan hanya dalam disiplin keilmuan saja, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang juga menekankan dan menanamkan kepada para mahasiswanya rasa nasionalisme.

UIN Maliki Malang begitu berkomitmen menanamkan rasa nasionalisme kepada setiap mahasiswa maupun lulusan UIN Maliki Malang.

Mengenai hal itu, UIN Maliki Malang sendiri mempunyai strategi tersendiri dalam menanamkan rasa nasionalisme terhadap para mahasiswanya. 

Dijelaskan Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris, jika pembekalan nasionalisme kepada para mahasiswa, dilakukan dengan cara pendekatan dialogis.

Dalam hal ini, penanaman nasionalisme di lingkungan kampus berada pada Mahad atau asrama yang memang itu telah diwajibkan kepada para mahasiswa baru dengan batasan waktu yang telah ditentukan.

"Setiap mahasiswa baru wajib berada di mahad selama satu tahun atau dua semester," jelasnya.

Dan ditempat tersebutlah, para mahasiswa baru tak hanya belajar dalam memupuk kedisiplinan, melainkan juga mendapatkan materi mengenai ke Islam-an dan ke Indonesia-an yang gencar diberikan guna menanamkan rasa nasionalisme.

"UIN ini mengadopsi sistem pesantren dan sistem perguruan tinggi. Di samping penguatan terhadap ilmu keagamaan, juga penguatan terhadap nasionalisme," paparnya.

Dengan penerapan dua sistem itu, para mahasiswa akan tumbuh cerdas dengan tidak mempertentangkan antara agama yang mereka yakini dengan paham-paham negara kesatuan republik Indonesia.

Nasionalisme itu, lanjut Prof Haris, tentunya harus bersedia bersama meskipun berbeda-beda, meskipun tidak sejalan, seperti halnya keyakinan, bahasa, budaya namun hal itu terhimpun dalam satu kesatuan bangsa Indonesia. 

Nasionalisme juga merupakan perekat eksistensi bangsa, di mana merupakan hubungan baik antara rakyat dengan negaranya. Sehingga melihat hal itu, nasionalisme merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara.

"Karena itu, tanamankan nasionalisme dalam diri. Nasionalisme merupakan kekuatan untuk mempersatukan bangsa," pungkasnya.

 

 

Topik
UIN Maliki MalangRektor UIN Malangjiwa nasionalismeMahasiswa UIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru