PSSI Gunakan Sistem Gelembung di Liga 1, Arema FC Siap Tanding Luar Kandang

May 08, 2021 07:20
Arema FC (Foto: Istimewa).
Arema FC (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES- Dengan masih tingginya kasus COVID-19 di Indonesia, PSSI memiliki wacana untuk menggelar Liga 1 dengan sistem gelembung atau bubble to bubble. Sistem yang mengadopsi format Piala Menpora 2021 tersebut adalah sebagai upaya keamanan kesehatan terhadap kelangsungan kompetisi.

Media officer Arema FC, Sudarmaji mengatakan, sistem itu dilakukan agar upaya pengamanan kesehatan dalam situasi pandemi ini. Dalam penerapan itu perlu adanya adaptasi yang dilakukan para klub, termasuk Arema FC.

"Kami rasa banyak adaptasi yang harus dilakukan, termasuk sistem kompetisi. Kalau menggunakan bubble to bubble mungkin adalah untuk memproteksi kompetisi itu sendiri agar bisa berjalan," ujarnya, Sabtu (8/5/2021).

Jika sistem tersebut diterapkan, maka Arema FC harus siap untuk bermain di luar kandang seperti halnya yang terjadi di Piala Menpora 2021. "Jika kita harus bermain di luar kandang kita harus siap, itu juga sudah kita jalani dalam penyelenggaraan Piala Menpora 2021 lalu," ujarnya.

Diketahui, layaknya di beberapa negara Asia lainnya, PSSI akan memusatkan pertandingan di Pulau Jawa. Sebab, fasilitas di Pulau Jawa lebih lengkap dan memadai.

"Sarana dan prasarana ada, kita akan sentral kan di Jawa, tapi berputar misalnya di Jawa Barat, istirahat di Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, tergantung mereka di mana saja mendapatkan pertandingannya," ujar Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Hal itu juga, telah disepakati oleh semua klub. Pihaknya, juga telah melakukan pengecekan kondisi stadion di Pulau Jawa dan memang cukup memadai.

"Ini juga masukan dari klub-klub juga, beres kemarin Piala Menpora bisa terselenggara di mana saja. Kondisi stadion di Pulau Jawa juga sudah kita survei, lalu yang jelas di Jawa Timur juga banyak, Jawa Barat lumayan ada juga Jawa Tengah," ujarnya.

Topik
PSSIliga 1Liga IndonesiaArema FC

Berita Lainnya

Berita

Terbaru